Sekitar Puting Payudara Ditumbuhi Rambut? Jangan Cemas, Kenali Penyebabnya

Ilustrasi payudara. - shutterstock/Suara.com
12 Juni 2020 03:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Beberapa wanita merasa cemas setelah mengetahui sekitar puting payudaranya ditumbuhi rambut. Rambut yang tumbuh di terkadang terlihat lebih tebal daripada rambut bagian tubuh lain.

Namun jangan khawtir, tumbuhnya rambut di sekitar puting payudara adalah hal yang normal.

Dilansir dari Healthline, berikut ini beberapa penyebab tumbuhnya rambut di sekitar puting payudara.

1. Perubahan hormon

Fluktuasi hormon bisa menyebabkan berbagai gejala, termasuk rambut puting yang semakin gelap. Fluktuasi ini bisa terjadi selama masa-masa perubahan hormon yang signifikan, seperti kehamilan dan menopause.

2. Kelebihan hormon pria

Tingkat androgen yang tinggi, seperti hormon testosteron bisa menyebabkan pertumbuhan rambut di bagian tubuh yang kurang umum, seperti puting susu.

Tanda-tanda wanita kelebihan hormon androgen ini termasuk kulit berminyak atau berjerawat, peningkatan massa otot rangka dan kerontokan rambut.

3. Obat-obatan

Obat-obatan tertentu bisa menyebabkan pertumbuhan rambut yang tidak biasa sebagai bentuk efek samping. Obat-obatan ini termasuk testosteron, glukokortikosteroid dan beberapa imunosupresan.

Khawatir Tumbuh Rambut di Sekitar Puting Payudara? Ketahui 5 Penyebabnya! - 2

4. Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon reproduksi. Kondisi ini bisa menyebabkan beberapa efek samping, termasuk infertilitas, periode menstruasi tidak teratur, kista ovarium dan pertumbuhan rambut yang berlebihan.

5. Sindrom cushing

Peningkatan dan paparan terhadap kortisol tingkat tinggi, hormon glukokortikosteroid bisa menyebabkan sindrom cushing.

Beberapa gejala sindrom cushing pun mirip dengan PCOS, seperti peningkatan pertumbuhan rambut dan siklus menstruasi yang abnormal.

Sumber : Suara.com