Pasokan APD dan Masker Berlebih, Indonesia Siap Ekspor ke Negara Lain

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto memberikan keterangan pers tentang stabilisasi harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok terkait wabah virus corona atau Covid-19 di Jakarta, Selasa (3/3/2020). ANTARA FOTO - Aprillio Akbar
04 Juni 2020 09:57 WIB Maria Yuliana Benyamin News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Pasokan alat pelindung diri (APD) dan masker di dalam negeri saat ini dalam kondisi berlebih. Hal tersebut disampaikan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. 

“Kondisi sekarang, kita banjir APD dan masker. APD dan masker tersebut diproduksi oleh produsen lokal,” ujar Agus Gumiwang dalam acara diskusi dengan pemimpin redaksi media massa, Rabu (3/6/2020).

Pemerintah, lanjut Menperin, telah membuka kemungkinan untuk mengekspor kelebihan APD dan masker tersebut ke sejumlah negara yang membutuhkan.

“Banyak sekali negara-negara yang membutuhkan masker dan APD, seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan,” ujar Agus.

Dia mengakui dari sisi nilai, ekspor APD dan masker tersebut tidak begitu berkontribusi signifikan. Akan tetapi, bagi negara-negara yang tengah membutuhkan APD dan masker, hal tersebut sangat membantu.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah kini tengah mematangkan kebijakan normal baru (new normal) di dalam negeri.

Menurut Airlangga, kebijakan normal baru tersebut bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan sekaligus memutus mata rantai pemutusan hubungan kerja (PHK) di Tanah Air. “Kami sedang matangkan kebijakan ini,” ujar Airlangga.

Sumber : Bisnis.com