Wow, Ada Robot yang Berjasa Tangani Covid-19

Zora Bots
01 Juni 2020 06:37 WIB Rahmad Fauzan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA --  Dalam upaya manusia menaklukkan pandemi virus corona (Covid-19), otomatisasi menjadi bagian yang tidak lagi terpisahkan. Dari mulai melakukan disinfektanisasi rumah sakit hingga ke pengiriman barang.

Robot pun menjadi media yang paling berjasa dalam melakukan upaya tersebut. Melansir The Guardian, Minggu (31/5/2020), berikut lima robot yang dinilai telah membantu manusia menangani penyebaran Covid-19.

1. Boston Dynamics

Boston Dynamics merupakan robot berbentuk anjing yang dilengkapi dengan sejumlah kamera dan sensor untuk mendeteksi pelanggar serta menyampaikan kembali peringatan yang telah diberitahukan sebelumnya.

Terkait dengan keamanan data pribadi, pemerintah setempat pun meyakinkan penduduk lokal bahwa robot berkaki empat tersebut bukan perangkat yang digunakan untuk mengumpulkan data.

2. Starship Technologies

Salah satu kota di Inggris bernama Milton Keynes juga memiliki robot yang membantu manusia menaklukkan Covid-19. Robot tersebut berupa mobil beroda enam yang berfungsi mengirimkan makanan serta belanjaan kecil lainnya ke penduduk setempat.

Jalur sepeda yang luas di kota tersebut dinilai ideal bagi robot setinggi lutut yang bergerak dengan kecepatan tinggi 4mph ini. Perusahaan pun membebaskan biaya pengiriman untuk pekerja kesehatan nasional selama krisis.

3. UVD Robots

Di China, robot serupa bernama UVD Robots dikerahkan untuk menyemprotkan disinfektan di rumah sakit. Robot buatan Denmark tersebut dapat menyebarkan sinar ultraviolet (UV) berkekuatan cukup besar sehingga mampu menghancurkan DNA ataupun RNA mikroorganisme di sekitarnya.

Mengingat bahaya dampak sinar UV bagi manusia, UVD Robots dilengkapi dengan kemampuan belajar sehingga mampu menentukan waktu bekerjanya, yakni ketika staf medis tidak berada di sekitar.

4. Zora Bots

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 5 robot antiepidemik buatan perusahaan Belgia bernama Zora Bots ke Rwanda sebagai upaya melawan pandemi Covid-19. Robot-robot tersebut dapat melakukan screening temperatur pasien, mengidentifikasi orang-orang yang tidak mengenakan masker, dan memonitor aktivitas abnormal dari suara dan penampilan manusia.

Robot-robot tersebut juga dapat mengirimkan obat-obatan dan hal-hal penting lainnya bagi pasien yang terinfeksi Covid-19.

5. OhmniLabs

Di Jepang, ada robot dengan fungsi menggantikan posisi para pelajar yang sedang dikarantina dalam seremoni kelulusan. Robot telepresence yang menggunakan komputer tablet di bagian wajah tersebut, terbungkus dengan pakaian akademik. Pelajar pun menggunakan aplikasi Zoom untuk menerima tanda kelulusan masing-masing.

Sumber : Bisnis.com