Advertisement

Thailand Berhasil Uji Coba Vaksin Covid-19 ke Tikus

Maria Elena
Senin, 25 Mei 2020 - 01:27 WIB
Budi Cahyana
Thailand Berhasil Uji Coba Vaksin Covid-19 ke Tikus Ilustrasi - Antara/Ahmad Subaidi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAPada Sabtu (23/5/2020), Thailand mulai menguji vaksin virus corona pada monyet, setelah percobaan positif pada tikus dilaporkan pada pekan lalu.

Timesnownews.com, Minggu (24/5/2020), melaporkan bahwa Menteri Pendidikan Tinggi Thailand, Sains, dan Penelitian dan Inovasi Suvit Maesincee mengatakan para peneliti telah mengalihkan uji vaksin kepada monyet dan diharapkan dapat memberikan hasil yang pasti mengenai keefektifannya pada September ini.

Advertisement

"Proyek ini adalah untuk umat manusia, bukan hanya orang Thailand. Perdana Menteri [Prayuth Chan-ocha] telah menguraikan kebijakan, yaitu kami harus mengembangkan vaksin dan bergabung dengan tenaga kerja komunitas dunia dalam hal ini," kata Suvit.

Pada Rabu lalu, Thailand mengumumkan bahwa mereka tengah mengembangkan vaksin. Para peneliti di Thailand percaya bahwa jika semuanya berjalan dengan baik, vaksin harus siap tahun depan.

Sebagai gambaran, ada lebih dari seratus vaksin sedang dikembangkan di seluruh dunia, 10 di antaranya masih dalam tahap uji coba manusia.

Thailand juga telah mulai memesan dua pabrik untuk memproduksi vaksin Covid-19. Vaksin Thailand menggunakan messenger RNA, yang memberi sinyal pada tubuh untuk memproduksi antigen, molekul di permukaan virus, yang memacu sistem kekebalan tubuh agar vaksinnya bekerja.

Vaksin tersebut tengah dikembangkan oleh National Vaksin Institute, Departemen Ilmu Kedokteran dan Pusat Penelitian Vaksin Universitas Chulalongkorn.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LKPJ Gubernur DIY 2023, DPRD Beri Catatan soal Penurunan Kemiskinan Belum Capai Target

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement