Advertisement

Kelompok Militan Taliban Umumkan Gencatan Senjata saat Idulfitri

Newswire
Minggu, 24 Mei 2020 - 18:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kelompok Militan Taliban Umumkan Gencatan Senjata saat Idulfitri Ilustrasi genjatan senjata - Ist/Antara

Advertisement

Harianjogja.com, AFGHANISTAN - Serangkaian peningkatan serangan yang dilancarkan Taliban dalam beberapa pekan terakhir, membuat kelompok militan Taliban mengumumkan gencatan senjata dengan pemerintah Afghanistan yang akan berlaku pada Hari Idulfitri yang dimulai Minggu (24/5/2020). 

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menyambut baik pengumuman itu, dan mengatakan tentaranya akan menghormati ketentuan gencatan senjata.

Advertisement

Gencatan senjata tiga hari kemungkinan akan meningkatkan harapan pengurangan kekerasan jangka panjang di negara itu. Tetapi gencatan senjata serupa diumumkan untuk festival yang sama pada 2018 dan tidak diperpanjang.

"Jangan melakukan operasi ofensif terhadap musuh di mana pun. Jika ada tindakan yang dilakukan terhadap Anda oleh musuh, bela diri Anda," kata Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid pada Sabtu (23/5/2020), sebagaimana dilansir BBC, dikutip dari Okezone. 

Dia menambahkan bahwa gencatan senjata telah dinyatakan semata-mata untuk Idulfitri, yang menandai akhir bulan suci Ramadan.

"Saya menyambut pengumuman gencatan senjata," tulis Presiden Ghani di Twitter tak lama setelah seruan Taliban tersebut. "Saya telah memerintahkan [militer] untuk mematuhi gencatan senjata tiga hari dan untuk membela diri hanya jika diserang."

Ini baru ketiga kalinya Taliban mendeklarasikan gencatan senjata sementara sejak konflik dimulai.

Gencatan senjata pertama terjadi pada 2018, juga selama perayaan Idul Fitri, dan merupakan momen kunci dalam memperkuat proses perdamaian. Pejuang Taliban dan anggota pasukan keamanan berpelukan dan berpose untuk swafoto bersama. Itu tidak akan terjadi saat ini, Taliban telah memerintahkan anggotanya untuk tidak memasuki wilayah pemerintahan.

Pada awal tahun ini, Taliban menandatangani perjanjian dengan Amerika Serikat (AS) yang menetapkan jadwal penarikan pasukan asing dari negara itu. Tetapi sementara mereka menghentikan serangan terhadap pasukan internasional, mereka terus menargetkan pasukan keamanan Afghanistan.

Berita ini sudah tayang di Okezone dengan judul 'Sambut Idul Fitri, Taliban Umumkan Tiga Hari Gencatan Senjata dengan Pemerintah'. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement