Advertisement

Siapkan Pilkada, KPU Bantul Gelar Diskusi Online

Jumali
Jum'at, 22 Mei 2020 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Siapkan Pilkada, KPU Bantul Gelar Diskusi Online Warga mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS). - Bisnis/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - KPU Bantul memaksimalkan keberadaan media daring di tengah pandemi Covid-19 sebagai upaya memberikan pemahaman sekaligus pendidikan kepada pemilih jelang pilkada 2020.

Adapun pemberian pendidikan kepada pemilih melalui media daring dilakukan dengan menggelar kegiatan virtual short course (VSC). Sejauh ini VSC telah dilakukan sebanyak empat kali dengan melibatkan 40 orang Ketua OSIS SMA/SMK/MA se Kabupaten Bantul yang tergabung dalam Komunitas Pelajar Peduli Demokrasi (Kompakk).

Advertisement

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Bantul, Musnif Istiqomah mengatakan, VSC adalah adaptasi KPU Bantul sebagai penyelenggara Pilkada Bantul di tengah situasi pendemi Covid-19. Pada VSC juga disampaikan tema-tema berkaitan dengan demokrasi dan pilkada meliputi, urgensi, tahapan, serta kontribusi pemilih pemula pada pilkada.

“Kami juga melibatkan Pusat Studi Hukum dan Konstitusi UII Yogyakarta sebagai narasumber kegiatan diskusi dengan media daring ini,” kata Musnif, Jumat (22/5/2020).

Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho menyampaikan, usai VSC, pihaknya akan mengadakan diskusi online dengan tema kesiapan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul di tengah Pendemi Covid-19, akhir bulan ini.

“Nantinya kami akan mengulas kesiapan penyelenggara pilkada baik dari KPU maupun Bawaslu Bantul. Selain itu akan diulas berkaitan dengan kesiapan dukungan Pemkab Bantul dalam penyelenggaraan,” lanjut Didik.

Menurut Didik, diskusi ini penting untuk sebagai sarana untuk menyampaikan informasi terkini tentang kesiapan sejumlah pihak dalam persiapan Pilkada Bantul, akhir tahun ini. Peserta dalam diskusi online ini terdiri dari perwakilan partai politik, Polres Bantul, Kodim 0729 Bantul, unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD), ormas serta pemerhati demokrasi dan kepemiluan di Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement