Advertisement

Jokowi Optimistis Anak Bangsa Bisa Bikin Vasin Corona Sendiri

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 21 Mei 2020 - 09:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jokowi Optimistis Anak Bangsa Bisa Bikin Vasin Corona Sendiri Presiden Jokowi. - ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Presiden Joko Widodo optitmistis bahwa anak bangsa akan mampu menghasilkan vaksin sendiri untuk menanggulangi wabah virus Corona penyebab Covid-19 yang tengah terjadi saat ini. 

Dalam akun Instagram pribadinya, Presiden Jokowi melihat bahwa dunia sedang beradu cepat dalam menangani wabah Covid-19.

Advertisement

"Kita harus menjawabnya dengan inovasi dan karya nyata. Dan melihat besarnya semangat inovasi anak-anak bangsa ini, saya optimistis bahwa hal-hal yang dahulu dianggap tak mungkin dan tak terpikirkan, kini bisa dilakukan secara mandiri. Saya bahkan berharap lebih jauh, bahwa kita mampu menghasilkan vaksin sendiri," tutur Presiden, dalam postingannya itu, Rabu (20/5/2020). 

Presiden mengaku gembira karena lembaga Eijkman sudah mendapatkan data mengenai tujuh urutan genome lengkap yang sangat berguna untuk pengembangan vaksin. "Saya juga senang komunitas peneliti terus bekerja untuk menemukan obat dan terapi yang efektif bagi pengobatan Covid-19,' tuturnya. 

Untuk itu, menurut Presiden Jokowi, diperlukan kerja sama dan kolaborasi erat antarkekuatan anak bangsa. Lembaga-lembaga penelitian dan pengembangan, perguruan tinggi, dunia usaha dan industri, serta masyarakat harus saling bergandeng tangan untuk mewujudkannya.

"Dunia industri harus berani berinvestasi, masyarakat juga mencintai produk-produk dalam negeri, dan kita terus-menerus memperbaiki ekosistem yang kondusif bagi bagi tumbuh dan berkembangnya inovasi dan industrialisasi serta mentalitas bangga kepada produk dalam negeri," tutup Presiden. 

Warganet pun berkomentar. 

"Semangat bangsaku, semangat pak Presiden...bersama kita bisa lalui musibah/wabah ini," tulis @erwinrudiantosilaban. 

"hidup damai dengan corona kan pakdhe?," tulis _imamsholikin. 

"Tegas dong Pak. Tegas.," tulis @androclest. 

Bahkan ada warganet yang malah menyinggung soal bantuan langsung tunai (BLT) selama Covid-19.

"Saran saya kepada pemerintah daerah utk BLT terdampak #Covid19 supaya lebih adil bukan berbentuk uang tunai, tapi dibelikan sembako lalu bagikan dari pintu ke pintu ke semua warga tanpa terkecuali. Kasian banyak warga tidak mampu yg tidak kebagian. #Terbukti dg uang tunai mereka gunakan untuk berbelanja pakaian lebaran," tulis miniaturmotor_indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Akhirnya DPUP-ESDM DIY Mulai Sosialisasi Normalisasi Tanjakan Clongop Pekan Depan

Gunungkidul
| Jum'at, 19 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement