Advertisement

Ini 2 Penyakit yang Kebanyakan Diderita Pasien Covid-19 yang Meninggal Dunia

Muhammad Khadafi
Selasa, 12 Mei 2020 - 20:07 WIB
Budi Cahyana
Ini 2 Penyakit yang Kebanyakan Diderita Pasien Covid-19 yang Meninggal Dunia Sejumlah petugas medis memakamkan jenazah pasien positif Covid-19 dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap di Padang, Sumatera Barat, Sabtu (28/3/2020). - Antara/Iggoy el Fitra

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebut dua kelompok pasien Covid-19 dengan risiko kematian tertinggi adalah yang memiliki penyakit ginjal dan jantung. Sebanyak 7 dari 10 pasien Covid-19 dengan penyakit penyerta ginjal meninggal dunia.

"Tepatnya 6,8 dari 10. Artinya ini sangat tinggi sekali," ujar Doni usai rapat terbatas evaluasi PSBB dengan Presiden Joko Widodo melalui telekonferensi, Selasa (12/5/2020).

Advertisement

Sementara itu, pemilik penyakit penyerta jantung menduduki posisi kedua. Sebanyak 5 dari 10 pasien Covid-19 dengan penyakit jatung meninggal dunia.

“Kita semua harus mengingatkan kepada seluruh masyarakat indonesia. Mereka yang punya penyakit ginjal, jantung untuk betul-betul melakukan isolasi mandiri secara serius, secara sungguh-sungguh, tidak boleh melakukan kegiatan yang berhubungan dengan siapapun juga apalagi dengan orang yang tidak dikenal,” kata Doni.

Data-data tersebut dikumpulkan oleh Gugus Tugas Covid-19 dari ahli epidemiologi berbagai perguruan tinggi dan termasuk tim Kementerian Kesehatan. Harapannya, hal tersebut dapat menjadi pertimbangan para pemimpin perusahaan dalam mengambil kebijakan di tengah situasi pandemi.

Sementara itu, pemerintah mencatat penambahan kasus baru pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Indonesia mencapai 233 orang per Senin (11/5/2020), sehingga total pasien menjadi 14.265 kasus.

Data ini dihimpun dari seluruh rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 di seluruh Indonesia. Penambahan kasus positif Covid-19 itu diperoleh dari hasil pemeriksaaan polymerase chain reaction (PCR).

Selain itu, ada penambahan kasus meninggal sebanyak 18 orang. Dengan demikian, hingga saat ini sudah ada 991 orang yang meninggal akibat virus SARS-CoV-2 di Indonesia.

Di sisi lain, ada sebanyak 183 pasien yang dinyatakan sembuh. Dengan begitu, total ada 2.881 pasien yang telah sembuh dari Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement