Advertisement

Malam Ini, Sidang Isbat Awal Ramadan Diumumkan

Rayful Mudassir
Kamis, 23 April 2020 - 11:07 WIB
Nina Atmasari
Malam Ini, Sidang Isbat Awal Ramadan Diumumkan Tim rukyatul hilal PC NU melakukan pemantauan "rukyatul hilal" di Balai Rukyat Bukit Condrodipo, Gresik, Jawa Timur, Kamis (14/6). Berdasarkan sidang isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018. - ANTARA/Zabur Karuru

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Hari ini, Kamis (23/4/2020), (Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat untuk menentukan awal bulan Ramadan 1441 H.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa`adi mengatakan sidang isbat akan diikuti oleh ormas Islam dan sejumlah ahli di bidang astronomi.

Advertisement

“Sidang isbat dilakukan melalui virtual meeting mengingat masih diberlakukannya kebijakan PSBB dalam menanggulangi wabah Covid-19,” katanya di Jakarta, Kamis (23/4/2020).

Adapun sidang isbat dimulai dengan seminar tentang posisi hilal pada akhir sya`ban oleh Lembaga Falaliyyah Kementerian Agama. Setelah itu, agenda dilanjutkan dengan mendengarkan laporan tim rukyah, diskusi masukan ormas Islam serta penetapan awal Ramadan.

Wamenag mengatakan sidang isbat dilakukan secara tertutup dan hanya diikuti oleh pimpinan ormas Islam dan undangan yang ditetapkan Kementerian Agama.

Pengumuman hasil sidang akan disampaikan langsung oleh Menag, Wamenag, Ketua Komisi 8 DPR RI, Ketua MUI, dan Dirje Bimas Islam.

“Pengumuman hasil sidang itsbat dilakukan secara langsung melalui media TV Nasional dan jaringan media sosial lainnya,” katanya.

Dalam jadwal yang tersebar, pengumuman hasil sidang disampaikan secara streaming pada pukul 19.05 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Bandara YIA Kulonprogo-Stasiun Tugu Jogja, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement