Advertisement

43 Persen Kasus Positif Covid-19 adalah Orang Tanpa Gejala

Nyoman Ary Wahyudi
Rabu, 22 April 2020 - 20:47 WIB
Budi Cahyana
43 Persen Kasus Positif Covid-19 adalah Orang Tanpa Gejala Ilustrasi - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Agus Wibowo mengatakan kurang lebih 43% dari kasus positif virus Corona (Covid-19) saat ini adalah orang tanpa gejala (OTG).

“Kita khawatir ada banyak data-data orang yang pulang dari Jakarta ke daerah asal menyebarkan virus, seperti di Gunung Kidul, maupun Cilacap,” kata Agus saat memberi keterangan di dalam diskusi virtual Satu Asa Lawan Covid-19 Lembaga Survei Kedai Kopi, Jakarta, pada Rabu (22/4/2020).

Advertisement

Malahan, dia menyatakan, orang-orang yang datang dari Jakarta menuju Malaysia juga ikut menularkan virus di negara tersebut. Dengan demikian, dia mengkhawatirkan, masyarakat yang sudah terlanjur pulang ke daerah asal membawa virus ke keluarga masing-masing.

“Kita minta di daerah lakukan persiapan-persiapan di RT/RW untuk membuat tempat isolasi dan melakukan isolasi bagi warga yang baru datang selama 14 hari sebelum mereka berada di tengah masyarakat,” ujarnya.

Pemerintah mencatat adanya penambahan kasus baru pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, sebanyak 283 orang, sehingga total pasien terkonfirmasi Covid-19 menjadi 7.418 kasus. 

Juru Bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan data tersebut diperoleh hingga siang ini, Rabu (22/4/2020).  

Menurutnya, data terbaru itu dihimpun dari seluruh rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 di seluruh Indonesia. Penambahan kasus positif Covid-19 itu diperoleh dari hasil pemeriksaaan polymerase chain reaction (PCR).  

"Maka, total pasien yang positif kini yang telah terkonfirmasi menjadi 7.418 kasus," jelas Yuri, sapaan Yurianto, dalam konferensi pers, Rabu (22/4/2020).

Selain itu, ada penambahan kasus meninggal sebanyak 18 orang. Dengan demikian, hingga saat ini sudah ada 635 orang yang meninggal akibat virus SARS-CoV-2 di Indonesia. 

Di sisi lain, ada sebanyak 71 pasien yang dinyatakan sembuh. Dengan begitu, total ada 913 pasien yang telah sembuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement