Advertisement

Kim Jong-un Dikabarkan Sakit, Trump: Saya Belum Tahu Kabar Terkini

Aprianto Cahyo Nugroho
Rabu, 22 April 2020 - 11:57 WIB
Nina Atmasari
 Kim Jong-un Dikabarkan Sakit, Trump: Saya Belum Tahu Kabar Terkini Kim Jong-un dan Donald Trump di dalam zona demiliterisasi pada Juni 2019 - Bloomberg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA –pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dikabarkan sakit. Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan belum mengetahui kondisi kesehatan Kim Jong-un dan berencana menghubunginya untuk mengetahui kondisi terkini.

"Saya berharap dia baik-baik saja, kami memiliki hubungan yang baik," kata Trump di Gedung Putih pada hari Selasa dalam menanggapi pertanyaan tentang pemimpin Korea Utara tersebut.

Advertisement

"Kami tidak tahu apakah laporan tentang kesehatan Kim yang memburuk itu benar,” tambahnya, seperti dikutip Bloomberg.

Isu soal kondisi Kim Jong-un makin menjadi-jadi ketika ia diketahui tidak menghadiri perayaan ulang tahun kakeknya pada 15 April lalu. Akhirnya, berkembang spekulasi bahwa Kim Jong-un benar-benar sakit dan Korea Utara tengah menyembunyikan informasi soal itu.

Sementara itu, Daily NK, surat kabar online yang berada di Korea, menyatakan Kim Jong-un menjalani masa pemulihan di rumah peristirahatannya. Rumah tersebut berada di Gunung Kumgang, Hyangsan, yang berada di sisi timur Korea Utara.

Laporan intelijen AS sebelumnya mengatakan bahwa Kim Jong-un dalam kondisi kritis setelah menjalani operasi kardiovaskular pekan lalu, sementara kantor Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan bahwa Kim melakukan "kegiatan normal" dan sejauh ini tidak ada laporan soal kesehatan yang memburuk.

Berita seputar kesehatan Kim mendorong indeks Kospi untuk memperpanjang pelemahan pada hari Selasa menjadi sebanyak 3 persen. Pada perdagangan hari ini, indeks Kospi terpantau melemah 1,35 persen ke level 1.854,03.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bloomberg, Daily NK

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement