Cegah Mudik, Presiden Jokowi Wacanakan Ganti Hari Libur Nasional

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
02 April 2020 14:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewacanakan akan mengganti hari libur nasional terkait hari raya pada hari lainnya. Skenario komprehensif tersebut dirasa perlu dilakukan di tengah pandemi Corona atau Covid-19. Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus mematikan itu lebih luas.

“Saya melihat ini untuk mudik ini dalam rangka menenangkan masyarakat, mungkin alternatif mengganti hari libur nasional di lain hari untuk hari raya, ini mungkin bisa dibicarakan,” kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan secara daring dari Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (2/4/2020).

Jokowi meminta pemerintah memberikan fasilitas arus mudik bagi masyarakat yang akan pulang ke kampung halamannya pada hari pengganti tersebut. Lalu, ia juga meminta agar jajarannya membebaskan biaya masuk tempat wisata yang dimiliki oleh pemerintah daerah.

“Saya kira kalau skenario-skenario tersebut dilakukan kita bisa memberikan sedikit ketenangan pada masyarakat,” tambah dia.

Ia pun meminta kepada jajarannya agar menyiapkan skenario komprehensif terkait arus mudik ini. Ia pun menegaskan agar tidak ada ego sektoral dalam membuat kebijakan terkait hal ini.

Sumber : Okezone