Dua Obat Ini Direkomendasikan Jokowi untuk Melawan Corona

Joko Widodo - Reuters/Willy Kurniawan
20 Maret 2020 16:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Dua jenis obat disebut pemerintah bakal digunakan untuk melawan virus Corona.

Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa obat untuk virus corona telah ditemukan. Obat tersebut adalah Chloroquine dan Avigan. Obat tersebut juga yang akan dipakai Presiden Donald Trump untuk mengobati pasien terjangkit Covid-19.

Jokowi, begitu biasa disapa, menyampaikan bahwa Indonesia telah mendatangkan 5.000 obat Covid-19. Presiden juga telah meminta Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang farmasi untuk memperbanyak obat tersebut.

“Obat tersebut akan sampai ke pasien yang butuh dari dokter keliling dari rumah ke rumah dan melalui rumah sakit,” kata Presiden dalam keterangan pers melalui video streaming di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Dia menjelaskan bahwa obat tersebut telah digunakan beberapa negara dan memberikan efek kesembuhan kepada pasien Covid-19. “Akan kita coba dan dalam proses pemesanan 2 juta,” kata Presiden.

Pada konferensi pers kemarin, Presiden Amerika Serikat Donald Trump menegaskan bahwa Chloroquine dapat menangani virus corona, Dia mengatakan bahwa pengobatan ini disetujui, meskipun secara eksklusif digunakan untuk menyembuhkan malaria.

Komisioner Administrasi Makanan dan Obat-obatan Stephen Hahn, memberikan pernyataan yang berkontraksi dengan pendapat presiden. Menurutnya, analisis kemanjuran suatu obat untuk mengatasi virus corona harus dilakukan melalui uji coba klinis.

Sementara itu, pemerintah mencatat ada penambahan 60 kasus baru pasien positif Corona di Indonesia. Sehingga total pasien terkonfirmasi Covid-19 menjadi 369 orang. Adapun, satu orang telah dinyatakan sembuh sehingga pasien sembuh menjadi 17 orang.

Kemudian ada penambahan kasus meninggal sebanyak 7 orang sehingga total menjadi 32 orang.

Sumber : Bisnis.com