Salah Satu Orang Terkaya di Dunia Siapkan US$10 Miliar Perangi Perubahan Iklim

Presiden dan CEO Amazon, sekaligus pemilik The Washington Post, Jeff Bezos berbicara di acara Milestone Celebration Dinner yang digelar Economic Club of Washington DC di Washington, AS, Kamis (13/9). - Reuters/Joshua Roberts
18 Februari 2020 22:07 WIB Syaiful Millah News Share :

Harianjogja.com JAKARTA – Founder dan CEO Amazon Jeff Bezos bakal menginvestasikan dana sebesau US$10 miliar dalam proyek-proyek yang berupaya mengurangi dampak buruk dari perubahan iklim global.

Bezos yang pernah tercatat sebagai orang terkaya di dunia, melalui akun Instagram pribadinya mengumumkan pembentukan Bezos Earth Fund. Dia menyampaikan dana hibah perdana akan diserahkan mulai musim panas tahun ini.

“Perubahan iklim adalah ancaman terbesar bagi planet kita. Saya ingin bekerja sama dengan banyak orang untuk memperkuat cara-cara yang diketahui dan eksplorasi cara baru memerangi dampak buruk perubahan iklim di planet ini,” tulisnya di Instagram @jeffbezos

“Kita bisa menyelamatkan bumi. Ini akan mengambil tindakan kolektif dari perusahaan besar, perusahaan kecil, negara bangsa, organsasi global, bahkan individu,” imbuh keterangan postingan tersebut.

Adapun sebagaimana diketahui, pada September tahun lalu Amazon mengumumkan penandatanganan The Climate Pledge, sebuah komitmen oleh raksasa ritel untuk mengarah pada konsep net-zero-carbon pada 2040 mendatang.

Dalam komitmen itu, Amazon berencana untuk memesan 100.000 van pengiriman listrik dari perusahaan mobil Rivian yang dijadwalkan mulai beroperasi pada 2024. Namun, tak sedikit kritikus yang menyatakan bahwa rencana ini justru akan meningkatkan emisi gas rumah kaca.

Sebagai informasi, Jeff Bezos yang berusia 56 tahun mendirikan Amazon.com pertama kali pada 1994 sebagai toko buku daring. Selanjutnya berkembang menjadi perusahaan raksasa dengan investasi ke berbagai bidang, termasuk media, aeronautika, ekspedisi, dan lain-lain.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia