Menteri PUPR Sebut Underpass Kentungan Bikin Lancar Perjalanan ke Objek Wisata Kaliurang

Pekerja menyelesaikan pekerjaan pada tembok underpass Kentungan, Sleman, Sabtu (15/2/2020). Sejak Jumat (14/2/2020), underpass Kentungan sudah dibuka untuk umum dan bisa dilewati kendaraan.-Harian Jogja - Gigih M. Hanafi
18 Februari 2020 17:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTAUnderpass Kentungan Sleman sudah beroperasi sejak pekan lalu.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah merampungkan pembangunan jalan bawah tanah atau underpass Kentungan yang berada di Simpang Empat Jalan Kaliurang-Ringroad Utara di Yogyakarta.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan kehadiran undperpass sepanjang 900 meter itu telah memberikan manfaat terhadap perekonomian di wilayah sekitarnya.

Basuki menambahkan bahwa kehadiran underpass tersebut juga bertujuan untuk mengurai simpul kemacetan akibat pertemuan lalu lintas dari empat arah antara Jalan Kaliurang dengan Jalan Padjajaran.

“Di samping itu, kehadiran underpass Kentungan akan memperlancar akses menuju kawasan wisata Kaliurang,” ujarnya seperti dikutip dalam keterangan yang dirilis pada laman resmi Kementerian PUPR, Selasa (18/2/2020).

Pembangunan underpass Kentungan telah dimulai sejak tahun 2018 dengan anggaran sebesar Rp110 miliar. Pengerjaan proyek tersebut dilakukan oleh PT Istaka Karya (Persero).

Adapun, konstruksi jalan bawah tanah tersebut terdiri dari 2 lajur berupa terowongan (slab tertutup) sepanjang 224 meter, serta jalan pendekat arah timur dan barat masing-masing sepanjang 368 meter dan 288 meter.

Sumber : Bisnis.com