Cegah Corona, Cuci Tangan & Bersihkan Ponsel Lebih Penting daripada Memakai Masker

Siswi menggunakan gawai saat mengerjakan soal UASBN 2019 di SMA Negeri 9 Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (18/3/2019). SMA Negeri 9 Kota Bandung tersebut mulai menerapkan penggunaan teknologi smart router dalam pelaksanaan UASBN. - Antara/Novrian Arbi
17 Februari 2020 20:07 WIB Nirmala Aninda News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan Singapura menyebut membersihkan ponsel secara teratur serta mencuci tangan adalah cara memerangi penyebaran virus, khususnya virus corona (Covid-19), daripada hanya mengenakan masker.

Dilansir melalui Business Insider, Direktur Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Singapura, Kenneth Mak, pekan lalu menyampaikan bahwa hingga saat ini belum ada bukti bahwa virus corona disebarkan melalui udara sehingga penggunaan masker tidak dapat dibuktikan efektif sebagai metode pencegahan.

"Waspadai barang-barang yang biasa Anda sentuh. Terutama ponsel Anda, pastikan agar selalu dibersihkan," ujarnya seperti dikutip melalui Business Insider, Senin (17/2/2020).

Berbagai penelitian ilmiah telah menemukan bahwa ponsel mengandung lebih banyak kuman daripada bangku toilet. Smartphone adalah salah satu dari sekian barang yang dimiliki seseorang mengingat seberapa sering benda tersebut digunakan.

Apalagi, benda ini seringkali digunakan di area wajah di mana organ penting seperti mata, hidung serta bibir menjadi bagian penting dari infeksi virus corona pada tubuh manusia.

Sebuah studi oleh empat peneliti dari Massachusetts Institute of Technology yang dirilis pada 2018 menunjukkan bahwa membersihkan ponsel dengan perangkat pembersih dengan teknologi UV adalah metode paling efektif untuk membunuh kuman.

Larutan alkohol juga efektif sebagai alat pembersih, menurut penelitian itu, di mana celah antara ponsel dan casing dapat mengandung lebih banyak bakteri daripada di layar.

Ahli mikrobiologi Charles Gerba mengatakan bahwa larutan alkohol dapat dibuat di rumah dengan menggabungkan air dan alkohol (rubbing alcohol) dengan perbandingan 60:40.

Kemudian seka smartphone menggunakan kain microfiber, kapas, atau cotton swab (pembersih telinga) yang sedikit dibasahi dengan cairan tersebut.

Hindari menyemprot langsung cairan alkohol ke ponsel atau menggunakan tisu antibakteri karena dapat merusak lapisan pelindung anti-air dan minyak yang ada pada layar.

Dilansir melalui CNet, alat lain yang tidak disarankan digunakan untuk membersihkan ponsel adalah cairan pembersih jendela, pembersih dapur, penghapus riasan, sabun cuci piring, sabun cuci tangan dan cuka.

Studi MIT juga menyebutkan bahwa jika tidak ada opsi sanitasi lain yang tersedia, Anda dapat langsung menyeka ponsel dengan kain microfiber yang dapat membantu dekontaminasi.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia