Tak Terlacak, Harun Masiku Diduga Tak Lagi Pakai Ponsel

Ilustrasi
16 Februari 2020 18:07 WIB Asteria Desi Kartika Sari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Harun Masiku diduga sudah tidak menggunakan telepon genggam dalam pelarian. Wakil Ketua KPK Alexander Warwata mengatakan Harun Masiku tidak menggunakan telepon genggam agar tidak terlacak penyidik KPK. "Dia tahu bahwa ponsel ini bisa dilacak di mana saja, apalagi dengan GPS itu. Saya yakin dia juga sudah enggak pakai ponsel," kata Alex di Gedung Merah Putih KPK akhir pekan ini.

Meski Harun sulit dilacak, Alex menegaskan KPK tetap berupaya membekuk tersangka kasus dugaan suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR itu.

Salah satu langkah yang dilakukan KPK adalah mendekat orang-orang yang diduga sempat berkomunikasi dengan Harun Masiku.

"Kita identifikasi siapa sih orang-orang yang dekat dengan yang bersangkutan, apakah kita akan menyadap dan sebagainya, itu menjadi ranah penyidik," kata Alex.

Selain itu, KPK juga membentuk tim satgas khusus untuk menemukan Harun. "Kami sudah keluarkan satgas khusus, dan sudah keluarkan daftar pencarian orang (DPO) tapi belum dapatkan," katanya.

Dia mengatakan hingga saat ini KPK masih melakukan pencarian. Meskipun demikian, dia enggan menanggapi alasan lambatnya pencarian buronan tersebut. Apalagi, pencarian sudah berlangsung kurang lebih satu bulan. KPK masih menaruh harapan terhadap Polri yang melakukan pencarian.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia