Advertisement

DPR RI: Presiden yang Isyaratkan Tolak Pemulangan Eks ISIS Sejalan dengan Keinginan Masyarakat

Newswire
Sabtu, 08 Februari 2020 - 20:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
DPR RI: Presiden yang Isyaratkan Tolak Pemulangan Eks ISIS Sejalan dengan Keinginan Masyarakat Joko Widodo - Reuters/Willy Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sepertinya tak sepakat dengan rencana pemulangan 600 Warga Negara Indonesia (WNI) eks anggota ISIS. 

“Sikap Pak Jokowi yang memberi isyarat tidak setuju, sejalan dengan pernyataan masyarakat banyak,” kata Anggota Komisi I DPR RI, Christina Aryani kepada Okezone, Sabtu (8/2/2020).

Advertisement

Christina mendorong agar Pemerintah mengutamakan perlindungan terhadap 230 juta WNI di Tanah Air. Untuk itu dia berharap Pemerintah memikirkan perkara ini secara matang. “Kami meminta perlindungan terhadap 230 juta lebih WNI di tanah air menjadi hal yang diutamakan,” jelasnya.

Meski telah memberikan isyarat tak setuju memulangkan 600 WNI, Jokowi akan menggelar rapat terbatas terkait hal ini. Ia pun berharap hasil rapat menghasilkan sikap yang mendukung agar pemulangan tak dilakukan. "Ya kalau bertanya kepada saya, ini belum ratas ya. Kalau bertanya kepada saya, saya akan bilang tidak, tapi masih dirataskan," ujar Jokowi.

Hal ini dikuatkan dengan pernyataan Staf Khusus (Stafsus) Presiden Jokowi Bidang Isu Strategis, Diaz Hendropriyono. Menurutnya, pemulangan WNI eks ISIS berisiko tinggi. “Pada umumnya tidak ada negara yang mau menerima lagi warga negaranya yang pernah bergabung ke dalam ISIS di luar negeri. Melihat dari sudut pandang strategis dan keamanan, pemulangan ini tentu sangat berisiko untuk negara,” ucapnya, Kamis 6 Februari 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Korban Apartemen Malioboro City Bakal Bergabung dengan Ratusan Orang untuk Aksi Hari Buruh

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement