Advertisement

BMKG Prediksi Hujan Lebat Bakal Berlangsung hingga Pekan Depan

Newswire
Jum'at, 24 Januari 2020 - 11:17 WIB
Nina Atmasari
BMKG Prediksi Hujan Lebat Bakal Berlangsung hingga Pekan Depan Awan hujan menggelayuti wilayah Jakarta - Bisnis.com/Andhika

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan lebat disertai petir terjadi di sejumlah daerah hingga sepekan ke depan.

"Dalam sepekan ke depan diprakirakan potensi hujan dengan intensitas lebat disertai kilat dan petir," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG R. Mulyono R. Prabowo melalui siaran pers, Jumat (24/1/2020).

Sirkulasi siklonik di sekitar Samudra Hindia selatan Lampung yang diprakirakan terbentuk pada 24 hingga 26 Januari 2020 menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Selain itu, kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembab dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer. Kedua faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat.

Pada periode 24—26 Januari 2020, hujan lebat berpotensi terjadi di Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Kondisi yang sama juga diprakirakan terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Sementara itu, pada periode 27—29 Januari 2020, hujan intensitas lebat berpotensi terjadi di Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Berdasarkan prakiraan berbasis dampak hujan lebat, status siaga potensi banjir/genangan (24—25 Januari 2020) yang perlu diwaspadai di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Kompensasi PHK Hotel Ibis Dibagi 2 Tahap, Begini Tanggapan Serikat Pekerja

Jogja
| Selasa, 27 September 2022, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement