Advertisement

Sederet Gelar Kerajaan Inggris, Salah Satunya yang Dilepas Harry-Meghan

Newswire
Minggu, 19 Januari 2020 - 23:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sederet Gelar Kerajaan Inggris, Salah Satunya yang Dilepas Harry-Meghan Pangeran Harry dan Meghan Markle. - Reuters/Toby Melville

Advertisement

Harianjogja.com, INGGRISPangeran Harry dan Meghan Markle telah keluar dari anggota Kerajaan Inggris. Mereka sudah tak lagi menyandang gelar bangsawan yang semula menempel pada diri mereka.

Begini sejarah singkat gelar kerajaan Inggris.

Dilansir CNN, Minggu (19/1/2020), gelar lengkap Pangeran Harry adalah 'His Royal Highness The Duke of Sussex, Earl of Dumbarton and Baron Kilkeel'. Meghan punya gelar 'Her Royal Highness The Duchess of Sussex'.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Istilah 'his royal highness' kurang lebih bermakna 'yang mulia' atau 'sri paduka' dalam Bahasa Indonesia. Adapun duke adalah gelar bangsawan berasal dari istilah Latin 'dux', berarti 'pemimpin'.

Selain mendapat gelar 'His Royal Highness', Harry juga menyandang gelar 'The Duke of Sussex'. Terakhir, gelar Duke of Sussex dipegang oleh pendukung anti-perbudakan dan hak-hak Katolik dan Yahudi, Pangeran Augustus Frederick, putra George III dan Queen Charlotte. Augustus Frederick mendapat gelar itu pada 1801.

Lalu apa arti duke dan earl? Ini bisa dipahami dari hierarki kebangsawanan dari yang tertinggi sampai yang terbawah.

Tentu saja, gelar tertinggi bangsawan Inggris adalah Ratu atau Raja Inggris, diikuti suami atau istrinya (queen consort), dan pangeran (prince/princess) yang merupakan anak raja dan ratu.

Barulah di bawahnya, ada lima gelar bangsawan tertinggi: duke, marquess, earl, viscount, dan baron. Duke adalah yang tertinggi di antara lima peringkat gelar kebangsawanan. Secara istilah, duke berasal dari kata latin 'dux' yang artinya 'pemimpin'.

Gelar kebangsawanan ini dianugerahkan di bawah sistem gelar kebangsawanan monarki Inggris, berasal dari zaman feodal dahulu kala. Aslinya, raja memberikan gelar itu kepada abdinya yang bersumpah setia supaya si abdi tersebut dapat perlindungan atas tanahnya. Begitulah sistem feodal berdasarkan penguasaan lahan berjalan.

Advertisement

Kini, gelar kebangsawanan diberikan kepada kerabat raja. Gelarnya ditentukan oleh Ratu Inggris Elizabeth II saat ini untuk kerabat yang sudah menginjak usia dewasa atau sudah menikah.

Sri Ratu bisa memilih lima gelar untuk pria: duke, marquess, earl, viscount, atau baron. Untuk perempuan, gelar yang bisa dipilih adalah: duchess, marchioness, countess, viscountess, dan baroness. Ratu bisa memberi lebih dari satu gelar.

Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton, menjadi Duke dan Duchess of Cambridge, namun Ratu juga menganugerahi William gelar Earl of Strathearn dan Baron Carrickfergus.

Advertisement

Ayah dari William dan Harry yakni Pangeran Charles adalah Duke of Cornwall. Adapun putra Ratu Elizabeth II yakni Pangeran Andrew adalah Duke of York.

Ada terobosan tradisi. Anak bungsu Ratu Elizabeth II yakni Pangeran Edward memilih gelar Earl of Wessex saat dia menikah.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Profil Samekto Wibowo, Guru Besar UGM yang Meninggal Setelah Terseret Ombak di Gunungkidul

Gunungkidul
| Minggu, 25 September 2022, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendekar Roti Kolmbeng Terakhir di Jogja

Wisata
| Sabtu, 24 September 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement