PDIP Minta Anies Baswedan Susun Grand Design Penanganan Banjir

Mobil terendam banjir di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Rabu (1/1/2020). - Antara/Sigid Kurniawan
02 Januari 2020 03:27 WIB Feni Freycinetia Fitriani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Yuke Yurike meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuat grand design penanganan banjir di DKI Jakarta.

Menurutnya, penanganan banjir saat ini masih dilakukan secara parsiap oleh masing-masing dinas, khususnya Dinas Sumber Daya Air dan Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

"Jakarta belum punya grand design penanggulangan banjir. Ini bentuknya semacam road map, untuk mengatasi banjir enggak bisa sepotong-sepotong harus koordinasi menyeluruh antar SKPD [satuan kerja perangkat daerah]," katanya ketika dihubungi, Rabu (1/1/2020).

Dia menuturkan penanganan banjir di DKI Jakarta saat ini masih dibebankan kepada satu atau dua institusi. Padahal, banjir di Jakarta merupakan keniscayaan sehingga seharusnya bisa diantisipasi oleh Gubernur Anies dan jajarannya.

Dari laporan masyarakat, anggota Komisi D DPRD DKI tersebut mengatakan penanganan banjir, khususnya evakuasi korban, belum dilakukan dengan maksimal.

Komisi D, lanjutnya, pernah meminta penjelasan soal early warning system bencana banjir di Jakarta dari Dinas terkait.

"waktu banjir terakhir harusnya ada early warning system. Kami minta langsung rapat koordinasi untuk antisipasi. Eh malah kejadian [banjir]," ucapnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia