Pengamanan Nataru, SAR Jayapura Siagakan 79 Personil

Ilustrasi apel Pembukaan Posko Terpadu Natal dan Tahun Baru 2019 . - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan
19 Desember 2019 09:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, PAPUA - Dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru (nataru) dan obyek wisata, Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jayapura menyiagakan sebanyak 79 personil.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura Putu Arga Sujarwadi di Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (18/12/2019) mengatakan kesiapsiagaan ini sebagai bentuk upaya memberi layanan jasa SAR menjelang libur Natal 2019 dan tahun baru 2020.

"Siaga Nataru akan digelar mulai tanggal 18 Desember 2019 hingga 8 Januari 2020 mendatang," ujarnya.

Putu Arga menegaskan, kegiatan siaga khusus Natal dan Tahun Baru 2020 adalah untuk mendukung pelaksanaan arus mudik liburan akhir tahun.

"Siaga SAR di lakukan dengan tujuan terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait melalui pemantauan jalur mudik angkutan natal dan tahun baru serta pengamanan Obyek wisata yang ada Provinsi Papua kata Putu Arga," katanya.

Selain itu, menurut dia, Basarnas juga akan melakukan pemantauan pada daerah-daerah wisata strategis yang ramai dikunjungi oleh masyarakat saat libur akhir tahun. Destinasi wisata pantai di Kota Jayapura akan menjadi perhatian Khusus Kantor Basarnas Jayapura .

Patroli siaga nataru, kata dia, menggunakan sarana kendaraan rescue car dan rescue truck ke tempat tujuan yakni bandara, pelabuhan dan obyek wisata di sekitar Kota Jayapura

Ia menambahkan, personel yang akan ikut siaga sebanyak 79 personil termasuk Pos SAR Sarmi, Wamena dan Oksibil serta KN SAR Rescue Boat 222 Jayapura yang disiagakan di Dok.9 Kota Jayapura.

Sumber : antara