Advertisement

PERINGATAN BMKG: Cuaca Ekstrem Bakal Terjadi Beberapa Hari ke Depan Termasuk di Jogja

Newswire
Selasa, 17 Desember 2019 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
PERINGATAN BMKG: Cuaca Ekstrem Bakal Terjadi Beberapa Hari ke Depan Termasuk di Jogja Ilustrasi angin kencang. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Cuaca ekstrem bakal melanda sebagian wilayah Indonesia termasuk Jogja dalam beberapa hari ke depan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang yang diprediksi berlangsung dalam tiga hari ke depan (17-19 Desember) di beberapa wilayah Indonesia.

Advertisement

Informasi dari Humas BMKG Taufan Maulana yang diterima di Jakarta, Selasa (17/9/2019), terdapat sirkulasi Siklonik di Laut Natuna (925/700mb), Samudera Pasifik utara Papua (925/850mb), dan di Australia bagian Utara (925/850mb).

Adanya konvergensi memanjang dari Laut Jawa, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian tengah, Maluku Utara bagian selatan hingga Papua Barat.Belokan angin memanjang di sekitar wilayah Khatulistiwa serta low level jet dengan kecepatan angin terpantau lebih dari 25 kt terdapat di Samudra Pasifik Timur Filipina, Filipina, dan Laut Cina Selatan.

Untuk wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat pada Selasa, 17 Desember 2019 yaitu Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara.

Kondisi ini masih berlangsung pada Rabu, 18 Desember 2019 di Sumatra Utara, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Maluku.

Sedangkan pada Kamis, 19 Desember 2019 diprediksi hujan lebat di wilayah Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah dan Maluku.

Sementara hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi pada Selasa (17/12/2019) di wilayah Aceh, Sumatra Selatan, Riau, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Papua.

Kondisi ini masih berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Papua hingga Rabu (18/12/2019).

Untuk wilayah Aceh, Sumatra Selatan, Riau, Jambi, Jawa Barat, Yogyakarta, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Papua diprediksi masih berpeluang terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada Kamis (19/12/2019).

"BMKG mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement