Advertisement

Resmi, UN Dihapus Mulai 2021

Newswire
Kamis, 12 Desember 2019 - 15:27 WIB
Budi Cahyana
Resmi, UN Dihapus Mulai 2021 Sejumlah siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Senin (25/3/2019). - Antara/Syifa Yulinnas

Advertisement

Harianjogja.com, BEKASI - Ujian Nasional (UN) akan dihapus mulai 2021 dan diganti dengan  evaluasi (assessment) kompetensi. Presiden Joko Widodo menegaskan UN resmi dihapuskan dari sistem pendidikan di Indonesia mulai 2021.

“Sudah diputuskan oleh Mendikbud bahwa UN mulai tahun 2021 sudah dihapus. Artinya sudah tidak ada UN lagi tahun 2021,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek di Tol Japek Km 38, wilayah Kabupaten Bekasi, Kamis (12/12/2019).

Advertisement

Jokowi menambahkan UN akan diganti dengan semacam assessment kompetensi, dan yang akan di-assessment adalah sekolah dan guru.

Selain itu juga ada semacam survei karakter, dari survei itu pula akan dijadikan evaluasi. “Pendidikan kita sampai ke level mana. Nanti sudah dihitung saya kira kita mendukung apa yang sudah diputuskan Mendikbud,” kata Presiden.

Hal itu juga berarti mau tidak mau nanti setiap sekolah akan ada angka-angka yang ketika angkanya di bawah grade atau standar yang ditetapkan tentu saja harus diperbaiki dan diinjeksi sehingga bisa naik levelnya.

“Akan kelihatan sekolah mana yang perlu disuntik,” kata Presiden.

Sementara soal penanganan teknis, kebijakan ada di tangan Pemerintah Pusat.

“Bisa saja nanti misalnya, perhitungan Kemendikbud seperti apa, guru ditarik lagi ke pusat. Bisa saja dilakukan. Ini hanya geser anggaran dari daerah ke pusat. Itu saja. Kalau kebijakan ini bisa naikkan kualitas pendidikan akan kita jalani terus,” kata Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement