Advertisement

APBD Gorontalo Tertinggi di Indonesia, Menyalip DIY

M. Nurhadi Pratomo
Sabtu, 16 November 2019 - 17:27 WIB
Nina Atmasari
APBD Gorontalo Tertinggi di Indonesia, Menyalip DIY Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kiri) menyerahkan SK pelantikan kepada Sekdaprov Gorontalo Darda Daraba (kanan). - Dok. Humas Pemprov Gorontalo

Advertisement

Harianjogja.com, MANADO — Provinsi Gorontalo merealisasikan 77% rencana belanja anggaran pendapatan dan belanja daerah per 12 November 2019 dan sekaligus menjadi yang tertinggi di Indonesia.

Realisasi belanja anggaran pendapatan dan belanjar daerah (APBD) Gorontalo hingga periode itu melampaui DIY sebesar 72,9 persen, Jawa Tengah 68,9 persen, Lampung 67,4 persen, dan Bangka Belitung 65,8 persen.

Advertisement

“Kami berada di atas DIY yang semua tahu bahwa DIY setiap tahun selalu di atas rata-rata,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba dalam siaran pers yang dikutip, Sabtu (16/11/2019).

Kendati demikian, Darda mengingatkan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) tidak terlena dengan pencapaian. Pasalnya, perbedaan angka yang diraih tidak terlalu jauh.

“Tingkatkan lagi kinerja setiap OPD hingga Desember nanti,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa masih ada empat OPD yang realisasi baik fisik maupun keuangan masih di bawah target berdasarkan hasil evaluasi Oktober 2019.

Empat OPD itu yakni Dinas Pangan, Biro Hukum, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Biro Pemerintahan dan Kesra.

Oleh karena itu, Darda meminta untuk segera mengantisipasi paket pekerjaan yang masih terkendal dan berpotensi putus kontrak. Hal itu khususnya paket pekerjaan yang akan memengaruhi penyerapan anggaran baik yang didanai oleh APBD maupun dana alokasi khusus (DAK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement