Advertisement

Rp2 Triliun Dikucurkan untuk Kembangkan Borobudur dan 4 Bali Baru Lainnya

Putri Salsabila
Kamis, 07 November 2019 - 18:47 WIB
Budi Cahyana
Rp2 Triliun Dikucurkan untuk Kembangkan Borobudur dan 4 Bali Baru Lainnya Menhub Budi Karya Sumadi - JIBI/Bisnis Indonesia/Putri Salsabila

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan menganggarkan Rp2 triliun untuk membangun dan meningkatkan konektivitas lima kawasan Bali Baru sebagai lima destinasi super prioritas pada tahun ini. Kelima destinasi tersebut adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Presiden Joko Widodotetap fokus terhadap pembangunan infrastruktur meski kini menekankan pada pengembangan sumber data manusia.

Advertisement

"Kami diberikan porsi sejumlah dana. Kira-kira Rp2 triliun tapi itu di luar yang dilakukan BUMN dan investor, ada investor yang akan investasi Rp1 triliun. Kita bangun banyak pelabuhan dan fasilitas," tuturnya, Kamis (7/11/2019).

Dalam satu tahun, Budi Karya menargetkan akan menyelesaikan masalah-masalah di lima destinasi prioritas itu. Budi Karya juga akan membangun beberapa bandara, memadukan kinerja dan sarana transportasi darat, laut maupun udara untuk meningkatkan konektivitas.

Meskipun dirasa membangun dalam tenggat waktu yang sempit, namun Budi yakin membangun 5 destinasi tersebut. "Itu tantangannya karena kita harus menyelesaikan pembangunan sehingga aksebilitas antarmoda terjadi di titik wisata," lanjutnya. 

Dia berencana akan membangun beberapa pelabuhan baru untuk memisahkan pelabuhan penumpang dengan pelabuhan logistik yang saat ini masih menyatu seperti yang terjadi di Labuan Bajo.

Tak hanya itu, pembangunan bandara juga digencarkan seperti di Kulonprogo yang telah digunakan. Selanjutnya, Budi Karya akan membangun kereta api dari Kulonprogo hingga Jogja serta membangun jalur bus atau kereta api ke Borobudur.

Budi Karya berharap pembangunan konektivitas dan pariwisata dapat mendorong daya saing Indonesia untuk berkompetisi secara internasional di antara iklim ekonomi global yang tengah berat. "Apa yang kita miliki begitu indah dan potensial saya yakin Pariwisata jadi unggulan devisa Indonesia," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pembangunan ITF Bawuran Capai 40 Persen, Pemkab Optimis Rampung Mei 2024

Bantul
| Kamis, 25 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement