Saluran Air PDAM Bocor, Warga Sleman Protes

Ilustrasi. - Reuters
28 Oktober 2019 20:17 WIB Fahmi Ahmad Burhan News Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-- Saluran air di Dusun Sedan, Desa Sariharjo, Kecamatan Ngaglik bocor. Air kemudian menggenangi Jalan Karya Utama di Dusun Sedan. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sembada Sleman sebagai pemilik saluran kemudian memperbaiki saluran itu karena sudah dikeluhkan warga.

Salah seorang warga Dusun Sedan, Desa Sariharjo, Kecamatan Ngagglik, Parto mengatakan Jalan Karya Utama di dusunnya sudah tergenang air yang cukup meluber sejak Minggu (27/10/2019) kemarin. "Apalagi kalau malam, lebih banyak lagi," ujarnya pada Senin (28/10/2019).

Ia mengatakan, menggenangnya air dari sauran PDAM itu sebenarnya sudah sejak lama. Namun, baru kali ini air sampai meluber banyak.

"Warga sudah lapor langsung ke PDAM, karena takutnya jadi mengganggu aktivitas warga," ungkap Parto. Ia menyayangkan menggenangnya air PDAM itu, mengingat di saat musim kemarau banyak warga lain yang membutuhkan, air PDAM di Dusun Sedan malah terbuang percuma.

Direktur PDAM Tirta Sembada Sleman, Dwi Nurwanta mengatakan, laporan warga sudah masuk pada pihaknya. Setelah ada laporan itu, pihaknya langsung menindaklanjuti untuk dilakukan perbaikan.

"Saat ini masih penanganan. Mudah-mudahan dapat segera teratasi," ungkap Dwi pada Senin.

Ia mengatakan, melubernya air akibat saluran PDAM Sleman bocor berdampak pada jalan di arah selatan saluran. Menurutnya, penanganan bocornya saluran air diperkirakan membutuhkan waktu sampai sehari.

Setelah diperbaiki, ia berharap genangan tidak lagi mengganggu aktivitas warga. Selain itu ia berharap, bocornya air tidak menggangu pelayanan pada pelanggan PDAM lainnya.