Dilanda Panas Ekstrem, Qatar Cat Aspal Jadi Biru & Pasang AC di Luar Ruangan

Bendera Qatar - Reuters
25 Oktober 2019 19:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Qatar dilanda cuaca panas ekstrem. Pada siang hari, suhu udara siang di negara tersebut mencapai 46 derajat Celcius.

Berbagai cara dilakukan otoritas setempat untuk meredam hawa panas, seperti memasang AC di luar ruangan hingga mengecat aspal jalanan dengan warna biru. Mesin pendingin raksasa terpasang di sepanjang jalanan. AC juga dipasang di luar pusat perbelanjaaan.

Sementara di kota Doha, Jalan Abdullah Bin Jassim dicat warna biru. Warna biru diyakini bisa menurunkan suhu menjadi 35 derajat Celcius karena warna gelap disebut menyerap panas matahari sementara warna cerah akan merefleksikannya.

Percobaan selama 18 bulan berlangsung di hamparan jalan setinggi 250 meter dan menggunakan lapisan biru tebal 1 milimeter dengan pigmen pemantul panas khusus. Aspal warna biru juga berisi mikrosfer keramik berongga yang dirancang untuk memantulkan radiasi inframerah.

Insinyur Saad Al-Dosari berkata, "Suhu aspal gelap 20 derajat Celcius lebih tinggi dari suhu sebenarnya karena hitam menarik dan memancarkan panas."

Kota-kota lain di seluruh dunia juga telah melakukan percobaan serupa untuk menghadapi panas yang ekstrem.

Menurut laporan Daily Mail, Jumat (25/10/2019), musim panas ini, Los Angeles mengecat jalan-jalannya dengan warna putih keabu-abuan sehingga bisa lebih dingin -5 derajat Celcius daripada aspal hitam.

Sumber : Antara