Advertisement

Turki Siap Operasi Militer di Suriah

M. Richard
Minggu, 06 Oktober 2019 - 16:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Turki Siap Operasi Militer di Suriah Presiden Turki Tayyip Erdogan - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Turki siap memulai operasi militer di Suriah utara. Hal itu dilakukan guna mengklaim wilayah-wilayah dari pasukan Kurdi yang didukung Amerika.

"[Kami dapat bertindak] segera hari ini atau besok. Kami telah membuat persiapan kami, menyelesaikan rencana operasi kami. Kami telah memberikan perintah yang diperlukan. Operasi di timur sungai Efrat di Suriah utara akan dilakukan di darat dan udara," kata Erdogan pada pertemuan Partai AK di Kizilcahamam di Provinsi Ankara, seperti dikutip dari laman Bloomberg, Sabtu (5/10/2019).

Advertisement

Meskipun demikian, Erdogan berjanji untuk menciptakan zona penyangga di dalam wilayah Suriah dengan mendorong kembali milisi Kurdi dan menempatkan para pengungsi Suriah di utara negara itu. 

Adapun, Turki mencurigai bahwa AS mendukung aspirasi Kurdi untuk pemerintahan sendiri di Suriah dan siap menggunakan kekuatan militer untuk mencegah apa yang dianggapnya sebagai upaya untuk menggambar kembali peta wilayah itu.

HKMA mengatakan dalam sebuah pernyataan, mengatakan bahwa YPG, yang memainkan peran utama dalam kekalahan Negara Islam, telah menjadi pusat ketegangan Turki-AS. 

Turki pun melihat para pejuang itu sebagai ancaman kritis karena kaitan mereka dengan separatis PKK, kelompok Kurdi yang mencari otonomi.

Lebih lanjut, Erdogan juga ingin memukimkan kembali beberapa dari lebih dari 3,6 juta warga Suriah yang melarikan diri dari perang saudara negara mereka di daerah penyangga untuk meringankan beban pada ekonomi Turki dan meredakan ketegangan sosial karena menampung populasi pengungsi terbesar di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Bus Terbakar di Ring Road Gamping, 10 Penumpang Berhasil Dievakuasi

Sleman
| Kamis, 18 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement