Dilantik, DPRD Kabupaten Magelang Siapkan Model Baru Hadapi Masalah

50 anggota DPRD Kabupaten Magelang terpilih masa bakti 2019-2024 itu dilantik di GOR Gemilang, Kota Mungkid, Senin (26/8/2019). - Ist/Dok Humas
26 Agustus 2019 18:37 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG-- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Magelang terpilih masa bakti 2019-2024 siap mencari model baru mencari solusi menghadapi masalah.

Sebanyak 50 anggota DPRD terpilih masa bakti 2019-2024 itu dilantik di GOR Gemilang, kompleks Setda Kabupaten Magelang, Kota Mungkid, Senin (26/8/2019).

Ketua Sementara DPRD Kabupaten Magelang, Saryan Adiyanto, dalam sambutannya mengatakan bahwa, di era sekarang ini perubahan informasi dan teknologi sangat cepat dan dinamis. Hal itu tidak lepas dari adanya pergeseran dan perubahan generasi di seluruh dunia. Dari generasi millenial yang lahir di era 80-90an hingga generasi Z yang lahir di era 90 hingga 2000.

"Mereka yang akan menguasai dunia dalam tiga atau lima tahun mendatang. Era baru ini menuntun kita semua untuk siap mencari sebuah model baru, cara baru, nilai-nilai baru dalam mencari solusi dari setiap masalah yang kita hadapi," kata, Saryan, dalam pidato sambutannya.

Terkait hal tersebut, menurutnya pemerintah juga dituntut untuk terus berinovasi, meninggalkan cara-cara lama dan pola-pola lama, baik dalam mengelola organisasi, pemerintahan, hingga mengelola komunikasi dengan masyarakat.

"Era baru ini pula yang mulai disiapkan oleh pemerintah pusat di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Yakni dengan menelurkan berbagai kebijakan-kebijakan strategis, salah satunya percepatan pembangunan," terangnya.

Menurutnya, saat ini Kabupaten Magelang telah menjadi salah satu skala prioritas pembangunan. Dimana telah tertuang dalam konsep Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur.

"Melalui KSPN itu, tol akan dibangun, jalur kereta api juga disiapkan. Wilayah kita juga akan semakin dekat dengan bandara. Oleh sebab itu, Kabupaten Magelang harus siap menyambut perubahan-perubahan itu," tuturnya.

Anggota DPRD yang baru saja dilantik, lanjutnya, juga akan terus mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang menjadi wilayah yang produktif, memiliki daya saing, dan kepekaan tinggi menghadapi rencana-rencana dan perubahan besar itu.

Pada fungsi legislasi, DPRD Kabupaten Magelang Periode 2014-2019 lalu telah menyelesaikan pembahasan 73 peraturan daerah termasuk enam perda inisiatif.

"Kami akan selalu siap menyambut perubahan. Peraturan-peraturan daerah yang menghambat lompatan kemajuan harus dirubah. Peluang-peluang baru harus ditangkap," tegas Saryan yang juga mantan Ketua DPRD Kabupaten Magelang Periode 2014-2019.

Gubernur Jawa Tengah dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Magelang, Zaenal Arifin, menyampaikan bahwa, pembangunan Jawa Tengah terus bergerak ke arah yang semakin baik. Hal ini ditandai dengan angka pertumbuhan ekonomi yang terus bergerak kearah positif.

"Provinsi Jawa Tengah menyumbang 50 persen penurunan kemiskinan nasional. Namun demikian, meskipun kemiskinan Provinsi Jawa Tengah telah turun tajam, namun masih berada di atas capaian nasional dan berada di urutan ke 20 secara nasional," ungkap, Zaenal.

Pada kesempatan yang sama, ia juga menitipkan untuk membuat program yang ramah investasi dan pengembangan pariwisata.

"Kedua sektor tersebut jika digarap dengan baik akan signifikan mengurangi angka kemiskinan Jateng," katanya.


Adapun Anggota DPRD Kabupaten Magelang yang akan bertugas pada masa bakti 2019-2024 antara lain:

Partai PDIP

1.Saryan Adiyanto
2.Yusuf Sakir
3.Zaenal Mahfud
4.Grengseng Pamuji
5.Budi Supriyanto
6.Heri Suyitno
7.Triyono
8.Jumad
9.Edy Gunawan
10.Eling Aneka
11.Edi Hastoro
12.Tri Wahyuningsih
13.Gunawan

PAN

1.Bambang S
2.Sonhaji
3.Sarwo Edi

PKB

1.M Adib
2.Mahmud
3.Wafiroh
4.Islakhudin
5.Gunawan S
6.M Huda
7.Suherman
8.Syukur Ahadi

Demokrat

1.Erni Damayanti

Nasdem

1.Maladi
2.Pipik Dewi

PKS

1.Arif Rohmanto
2.Arif Rahman Imam
3.Nur Sidik
4.Fiki Ahmad
5.Arifah A
6.Fajar Fatoni

Gerindra

1.Soeharno
2.M Sahid
3.Suharno
4.Singgih Suroso
5.Prihadi
6.Agus S
7.Supardi

Golkar

1.Nur Kholis
2.Herlambang
3.M Soleh
4.Joko Anariyanto
5.Budi Purnomo
6.Sarimin

PPP

1.Eti Nur Faizati
2.M Sobikin
3.Mujaidin Putu M
4.Mansur Efendi