Wow, Ada Kartu Pokemon Seharga Rp846 Juta

Pokemon - youtube
10 Juli 2019 15:07 WIB Renat Sofie Andriani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Sebuah kartu Pokemon tiba-tiba raib saat sedang dikirimkan ke pemilik barunya. Bukan sembarang kartu, kartu Pokemon ini terbilang langka dan dihargai senilai US$60 ribu atau sekitar Rp846 juta.

Kartu Pokemon edisi “Trainer No. 3” ini adalah kartu eksklusif yang diberikan kepada peraih tempat ketiga sebuah kompetisi Jepang bernama Super Secret Battle pada tahun 1999.

Riwayat dan keunikan Trainer No. 3 menjadikannya salah satu kartu Pokemon paling langka di dunia.

Kartu ini dijual oleh Pokemonplace, sebuah marketplace di eBay yang menawarkan lebih dari 300 kartu Pokemon, dan telah dilindungi oleh polis asuransi senilai US$50,000 sebelum dikirimkan.

Kepada Polygon, Pokemonplace menerangkan telah mengirimkan Trainer No. 3 via USPS kepada kurir Aramex yang berbasis di Dubai. Aramex kemudian bertanggung jawab untuk mengirimkannya ke pemilik baru.

Ujug-ujug Aramex mengatakan tidak pernah menerima kartu itu. Informasi pelacakan pengiriman yang diberikan kepada Pokemonplace menunjukkan tanda terima dari Aramex, tetapi perusahaan mengatakan tanda tangan itu dibuat untuk paket dengan jumlah besar.

“Tanggung jawab kami adalah mengirimkan kartu itu ke Aramex, perusahaan perantara yang kemudian mengirimkan kartu itu kepada pembelinya,” terang Pokemonplace, dikutip dari Polygon.

“Informasi pelacakan menunjukkan pelacakan dan tanda tangan. Aramex mengklaim bahwa mereka belum menerimanya dan menandatangani untuk pengiriman massal.”

Yang lebih menyedihkan lagi, Pokemonplace tidak dapat mengklaim polis asuransi dari USPS karena Aramex menandatangani pengiriman itu. Dengan tanda tangan tersebut, artinya proses pengiriman telah dituntaskan.

Masih belum dapat diketahui apakah kartu itu hilang begitu saja atau dicuri. Trainer No. 3 tidak dapat dilepas dari wadah plastiknya dan terdaftar dalam database untuk kolektor.

Mengingat kelangkaan kartu ini, akan sulit untuk menjualnya kembali dengan nilai penuh dalam keadaan normal. Jadi jika dicuri, kartu ini tidak akan berarti apa-apa bagi mereka yang mencurinya.

Meski sudah menganggapnya hilang, Pokemonplace menawarkan hadiah bernilai US$1.000 bagi siapa saja yang dapat menemukan kartu itu dan membantu mengembalikannya. 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia