Advertisement

PBB Minta Ketenangan Kawasan Teluk Dijaga

Wibi Pangestu Pratama
Senin, 24 Juni 2019 - 04:07 WIB
Budi Cahyana
PBB Minta Ketenangan Kawasan Teluk Dijaga Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres mengikuti pertemuan Asean Leaders Gathering di Hotel Sofitel, Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/2018). - ANTARA/Afriadi Hikmal

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Ketua PBB Antonio Guterres meminta semua pihak menghindari segala bentuk peningkatan ketegangan di kawasan negara-negara Teluk.

Hal tersebut disampaikan Guterres di sela-sela World Conference of Ministers Responsible for Youth yang berlangsung di Lisbon, Portugal, Minggu (23/6/2019). Pernyataan tersebut disampaikannya setelah terjadi penembakan pesawat tak berawak milik Amerika Serikat oleh Iran.

Advertisement

"Dunia tidak mampu melakukan konfrontasi besar Teluk. Semua orang harus tetap nerves of steel [menjaga ketenangan di tengah ketegangan]," ujar Guterres pada Minggu (23/6/2019) dilansir dari Reuters.

Komentar Guterres tersebut disampaikam sehari setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pihaknya akan menjatuhkan sanksi baru terhadap Iran, akibat insiden tersebut.

"Sangat penting untuk menghindari segala bentuk eskalasi," tambah Guterres.

Pada Kamis (19/6/2019), sebuah rudal milik Iran menghancurkan sebuah pesawat tak berawak Global Hawk milik Amerika Serikat. Insiden tersebut, menurut pihak Washington, terjadi di wilayah udara internasional.

Trump kemudian mengatakan dia telah membatalkan serangan militer untuk membalas rudal tersebut karena dapat menewaskan 150 orang.

Pada Sabtu (22/6/2019), pemerintah Iran menyatakan bahwa pesawat tak berawak tersebut ditembak jatuh di atas wilayahnya. Pihak Teheran pun mengatakan akan merespon dengan kuat segala macam ancaman dari Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pencegahan Kecelakaan Laut di Pantai Selatan, BPBD DIY: Dilarang Mandi di Laut

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement