64 Perguruan Tinggi Bersaing Menangi Kontes Robot Indonesia 2019 Di Semarang

23 Juni 2019 07:37 WIB Yudi Supriyanto News Share :

Harianjogja.com, SEMARANG— Puluhan perguruan tinggi mengikuti kontes robot yang digelar di Semarang, Jawa Tengah.

Universitas Dian Nuswantoro mengungkapkan 64 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia akan mengikuti Kontes Robot Indonesia 2019 yang diselenggarakan pada 20—23 Juni 2019.

Ketua Pelaksana KRI Nasional 2019 Dian Retno Sawitri menuturkan, para juara dari tingkat nasional akan mewakili Indonesia dalam ajang-ajang tingkat internasional.

“Kami telah menjadi tuan rumah ajang KRI tingkat nasional untuk kedua kalinya, dan terus mempersiapkan diri secara penuh agar event ini bisa terselenggara secara maksimal dan megah,” kata Dian dalam siaran pers, Kamis (20/6/2019).

Dia menjelaskan, juara pertama Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) tingkat nasional 2019 akan menjadi wakil pada ABU Robocon 2019 di Mongolia.

Kemudian, juara pertama Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) akan menjadi wakil Indonesia pada Trinity College International Robot Contest 2020 di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat.

Adapun kontestan yang menjadi juara pertama Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid pada ajang ini akan menjadi wakil Indonesia pada ROBOCUP 2020.

Sementara pemenang Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) beroda belum diatur afiliasinya.

Dia menambahkan, para peserta yang akan mengikuti KRI tingkat nasional 2019 di Udinus merupakan tim-tim terbaik tingkat regional yang terdiri dari empat regional. Regional satu meliputi area Sumatera.

Kemudian, regional dua adalah Jawa bagian barat, Kalimantan bagian barat, dan Sulawesi. Regional tiga, yakni Jawa bagian tengah, Kalimantan bagian timur dan selatan. Adapun daerah-daerah yang masuk regional empat adalah Jawa bagian timur, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. 

Sumber : Bisnis.com