Advertisement

Pingsan di Pengadilan, Mantan Presiden Mesir Akhirnya Meninggal Dunia

John Andhi Oktaveri
Selasa, 18 Juni 2019 - 08:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pingsan di Pengadilan, Mantan Presiden Mesir Akhirnya Meninggal Dunia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Mantan Presiden Mesir yang dipilih secara demokratis pertama dalam sejarah modern Mesir, Mohamed Mursi, meninggal dunia setelah pingsan di pengadilan Kairo, Senin (17/6/2019). Pria 67 tahun itu diadili atas tuduhan spionase.

Mursi, seorang tokoh terkemuka dalam organisasi Ikhwanul Muslimin yang sekarang dilarang di Mesir, dipenjara sejak digulingkan oleh militer pada 2013 setelah hampir setahun berkuasa. Penggulingan itu dilakukan setelah terjadi aksi , menyusul protes massa terhadap pemerintahannya.

Advertisement

Kematiannya kemungkinan akan menimbulkan tekanan internasional pada pemerintah Mesir atas catatan hak asasi manusianya. Kondisi penjara tempat ribuan aktivis Islam dan aktivis sekuler ditahan sering menjadi sorotan dunia.

Jaksa penuntut umum mengatakan bahwa dia pingsan di kurungan ruang sidang  sidang tak lama setelah berpidato di pengadilan. Dia dinyatakan meninggal di rumah sakit pada pukul 04:50 sore waktu setempat seperti dikutip Reuters, Selasa (18/6/2019). Dilaporkan bahwa pemeriksaan awal tidak menunjukkan tanda-tanda cedera baru-baru ini di tubuhnya.

Putranya, Abdullah Mohamed Mursi, mengatakan kepada Reuters bahwa keluarganya belum dihubungi tentang perincian penguburan dan hanya berkomunikasi dengan keluarga melalui pengacara mereka.

Dia mengatakan bahwa pihak berwenang menolak untuk mengizinkannya dikuburkan di pekuburan keluarga di provinsi Delta Sharqiya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Berupaya Mempercepat Penurunan Angka Stunting

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement