Tak Punya Beban Politik, Jokowi Janji Selesaikan Tugas Penting

Presiden Joko Wiodo - JIBI/Bisnis/Abdullah Azzam
16 Juni 2019 20:27 WIB Amanda Kusumawardhani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo menegaskan dirinya sudah tidak memiliki beban politik selama lima tahun ke depan.

"Saya dalam lima tahun ke depan insyaallah sudah tidak memiliki beban apa-apa," katanya di depan aktivis 1998 dalam acara halalbihalal dan silaturahmi di Jakarta, Minggu (16/6/2019).

Menurutnya, hal itu diakuinya bakal berdampak pada kebijakan-kebijakan yang akan dikeluarkan pada masa jabatan lima tahun mendatang.

"Jadi keputusan-keputusan yang miring-miring, yang itu penting untuk negara ini, akan kita kerjakan. Lagi, karena saya sudah tidak memiliki beban apa-apa," ujarnya.

Ketiadaan beban politik tersebut, jelasnya, menjadi modal yang kuat untuk merumuskan kebijakan-kebijakan yang berdampak positif bagi kemajuan Indonesia, meski memicu respons beragam dari masyarakat.

Selain itu, untuk kepemimpinan periodenya mendatang, Jokowi menyebutkan dirinya membutuhkan sosok menteri yang memiliki kapasitas eksekusi dan manajerial yang baik.

"Ke depan, menurut saya dibutuhkan pemimpin yang memiliki karakter kuat dalam eksekusi dan memiliki keberanian dalam eksekutor dalam setiap keputusan yang sulit. Seperti apapun," tambahnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia