Advertisement

Pendaftar SBMPTN Sudah Mencapai 300.000 Orang

Newswire
Sabtu, 15 Juni 2019 - 18:37 WIB
Nina Atmasari
Pendaftar SBMPTN Sudah Mencapai 300.000 Orang Ilustrasi ujian masuk PTN. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, DEPOK - Hingga Sabtu (15/6/2019), sudah sekitar 300 ribu peserta yang mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 hingga Sabtu (15/6/2019). Jumlah tersebut merupakan data sementara pada pagi tadi.

"Sampai pagi tadi, dilihat sudah sekitar 300 ribu-an peserta yang mendaftar SBMPTN," ujar Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo dalam acara SBMPTN 2019 Info Day di Balairung Universitas Indonesia (UI), Depok, Sabtu (15/6/2019).

Advertisement

Dia menyatakan, angka itu terbilang masih jauh dari jumlah peserta yang mengikuti UTBK yakni sekitar 800 ribu. Dengan demikian, masih sekitar 500 ribu peserta lagi yang belum melakukan pendaftaran SBMPTN.

Budi mengakui, para peserta yang belum mendaftar umumnya masih memilah jurusan dan universitas mana yang akan dituju dengan mempertimbangkan hasil nilai UTBK yang didapat. Kendati demikian, dia mengimbau untuk peserta segera melakukan pendaftaran SBMPTN.

Hal itu diperlukan untuk menghindari terjadinya 'server down' pada website pendaftaran SBMPTN, jika para peserta tiba-tiba menumpuk melakukan pendaftaran di hari akhir. Lagi-lagi ini akan merugikan peserta.

Adapun pendaftaran SBMPTN 2019 sudah dimulai sejak tanggal 10 Juni dan akan berakhir pada 24 Juni. Pendaftaran dilakukan melalui laman resmi SBMPTN yakni http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

"Kalau terakhir daftar ke 24 Juni, nanti pasti gegeran (menumpuk pengguna sehingga bisa membuat down website) karena masuk bersamaan. Apalagi kan dibutuhkan proses unggah portofolio," kata dia.

Budi pun menekankan, peserta untuk bisa segera mengambil keputusan terkait jurusan dan universitas yang dituju. Tentunya hal ini juga dengan memperhitungkan segala sesuatunya, terkhusus soal hasil nilai UTBK.

"Jadi saya minta untuk bisa sangat segera saja mendaftar," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement