Seusai Pemilu, People Power Amien Rais Jadi Topik Terbanyak Dibahas Warganet di Medsos

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais (tengah) menunjukkan buku berjudul Jokowi People Power saat jeda pemeriksaan untuk salat Jumat di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (24/5/2019). - ANTARA/Aprillio Akbar
02 Juni 2019 08:37 WIB Deandra Syarizka News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Pemungutan suara Pemilu 2019 telah usai. Pasca pengumuman rekapitulasi dan hasil Pemilu 2019, Jakarta dipenuhi massa aksi gerakan People Power. Pasalnya, beberapa kalangan menganggap adanya kecurangan dalam perhitungan suara Pemilu.
 
Perusahaan media intelligence Isentia menemukan perbincangan terkait People Power tersebut sebanyak 60.224 buzz di media sosial, terhitung sejak 17 Mei hingga 27 Mei 2019.
 
Selama periode ini, volume perbincangan media sosial tertinggi terjadi 21 Mei 2019, yaitu sebanyak 8.169 buzz. Isentia menangkap bahwa topik seputar ‘Amien Rais’ paling banyak disebut oleh warganet, yakni sejumlah 10.560 buzz.
 
“Kami menemukan bahwa netizen membicarakan terkait Amien Rais yang membahas buku Jokowi People Power. Selain itu, ada juga netizen yang membahas Amien Rais yang mengganti sebutan people power dengan Gerakan Kedaulatan Rakyat,” jelas Rendy Ezra, Insights Manager dari Isentia, seperti dikutip, Sabtu (1/6/2019).
 
Trending topic ini disusul dengan bahasan mengenai ‘Buku Jokowi’, sebanyak 5.741 buzz. Netizen bertanya-tanya apakah buku berjudul Jokowi People Power ini merupakan buah tulisan sang Presiden. Namun ternyata, buku ini merupakan karya dari penulis, Bimo Nugroho.
 
Adapun keyword ’22 Mei’ juga banyak disebut di media sosial – dalam 3.954 buzz. Kerusuhan yang terjadi pada 21 Mei hingga 22 Mei ini memang tidak dapat lepas dari kata ‘People Power’. Ada juga beberapa warganet yang membahas apakah 22 Mei ini merupakan People Power yang gagal atau merupakan awal dari permulaan.
 
‘Eggi Sudjana’ merupakan trending topic urutan keempat yang paling banyak dibicarakan (1.848 buzz). Pasalnya, aktivis Eggi Sudjana ini ditangkap atas tuduhan makar. Berdasarkan kumpulan buzz tersebut, banyak yang menyebutkan jika Eggi mengatakan bahwa ia pun tahu kata ‘People Power’ ini dari Amien Rais, dan bahwa penangkapannya tidak adil.
 
Diurutan kelima, ada trending topic ‘Kedaulatan Rakyat’, sebanyak 1,193 buzz. Banyak netizen mengatakan jika People Power adalah Kedaulatan Rakyat, dan juga bahwa gerakan ini merupakan suatu maneuver.
 
Mengutip dari James Miller, professor The New School for Social Research, New York, pada dasarnya, People Power adalah saat sekumpulan masyarakat menyuarakan ketidak-setujuan mereka terhadap suatu kebijakan atau keputusan pemerintah.

Sumber : Bisnis.com