Advertisement

H-3 Lebaran Diprediksi Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak

Rio Sandy Pradana
Sabtu, 01 Juni 2019 - 16:47 WIB
Sunartono
H-3 Lebaran Diprediksi Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak Foto udara ribuan kendaraan pemudik tujuan Pulau Sumatera antre sebelum memasuki kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (30/5/2019). Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak diprediksi terjadi tanggal 31 Mei - 2 Juni 2019. - Antara/Dziki Oktomauliyadi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus mudik di Merak akan terjadi pada H-3 atau 2 Juni 2019. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Kesehatan Nilla F. Moeloek, memantau arus mudik di Pelabuhan Merak, Banten pada H-4 jelang Lebaran.
 
Menurutnya terjadi peningkatan penumpang di Pelabuhan Merak. Kendati demikian pergerakan penumpang tidak terlalu padat karena hari libur cukup panjang, sehingga pola mudik masyarakat tersebar di beberapa hari.
 
"Kami harapkan tidak ada lonjakan yang melebihi kapasitas, dengan begitu pemudik bisa mendapatkan layanan yang baik. Puncak mudik di sini kelihatannya H-3 akan lebih padat,” kata Budi, Sabtu (1/6/2019).
 
Dia menjelaskan untuk mengantisipasi hal tersebut Kemenhub sudah bekerja sama dengan Polda dan Pemda Banten. Pihaknya juga meminta agar proses masuknya kendaraan untuk dipercepat.
 
"Sistem proses masuknya kendaraan juga akan dipercepat. Apabila ada masyarakat yang tidak punya pembayaran dengan elektronik bisa masuk dengan sistem manual,” ujarnya.
 
Pada kesempatan yang sama Menko Bidang PMK Puan Maharani menilai mulai H-5 hingga hari ini semuanya berjalan baik dan lancar. Lalu lintas terkendali maupun ketertiban menuju kapal juga bisa berjalan dengan baik.
 
"Tadi sempat bicara dengan penumpang mereka menyampaikan bahwa tiket untuk penyeberangan dengan kapal eksekutif dengan harga Rp50.000 cukup terjangkau. Fasilitas yang bagus menurut saya, sehingga mereka merasa kenyamanan dan merasa mudik tahun ini menjadi lebih baik,” ujar Puan.
 
Sementara itu Menteri Kesehatan Nilla F. Moeloek menyampaikan bahwa Kementeriannya mendukung mudik di Pelabuhan Merak dengan mendirikan posko-posko kesehatan yang siap membantu para pemudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement