Forum Pemred DIY Dukung Polri Usut Pelaku & Dalang Kerusuhan Mei

Pertemuan Forum Pemred, Selasa (28/5/2019). - Istimewa
28 Mei 2019 23:27 WIB Budi Cahyana News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Forum Pemimpin Redaksi (Pemred) DIY mendukung Polri mengusut tuntas pelaku dan dalang kerusuhan 21-22 Mei di Jakarta. Harapannya, stabilitas nasional dapat terus terjaga.

“Kami mendukung Polri melakukan langkah hukum dengan mengusut tuntas pelaku maupun dalang kerusuhan pada 21-22 Mei yang lalu. Dengan langkah itu, keamanan ketertiban masyarakat akan senantiasa terjaga. Artinya, stabilitas nasional juga terwujud,” ujar Juru Bicara Forum Pemred DIY Octo Lampito dalam pertemuan di Jogja, Selasa (28/5/2019).

Pertemuan tersebut dihadiri belasan pimpinan media di Jogja seperti Kedaulatan Rakyat, Harian Jogja, Tribun Jogja, Radar Jogja dan sejumlah pimpinan media online di Jogja.

Lebih lanjut Octo mengatakan apa yang dilakukan perusuh pada Mei lalu tidak hanya mencoreng demokasi, melainkan sudah mengarah pada aksi chaos karena para perusuh merusak fasilitas publik, menyerang aparat dan juga masyarakat. “Tidak ada kata lain, hukum harus ditegakkan. Kasus ini harus diungkap dan dituntaskan. Siapa pun yang terlibat dalam kerusuhan Mei lalu, harus ditindak tegas tanpa pandang bulu,” kata Octo.

Dia mengharapkan kasus tersebut jangan terulang dan merembet ke daerah termasuk DIY. Sebab, aksi tersebut kalau sudah merembet ke daerah akan membahayakan.

“Ini yang harus diantisipasi. Saya yakin kemampuan intelijen yang dimiliki Polri bisa mengantisipasinya sehingga kasus seperti yang terjadi di Jakarta tidak sampai terjad ke daerah. Saya kira semua pihak saatnya memberikan dukungan penuh kepada aparat kepolisian untuk menangani persoalan ini. Dengan adanya dukungan luas dari masyarakat, saya kira tugas Polri akan semakin mudah,” ujar Octo.

Di sisi lain, Forum Pemred DIY mengapresiasi soliditas TNI-Polri khususnya dalam menjaga keamanan setelah  Pilpres 2019 lalu. Menurutnya, kekompakan TNI-Polri dalam menjaga NKRI harus terus dipertahankan. “Dalam kasus kerusuhan lalu, kami melihat TNI dan Polri sangat kompak. Saya kira ini patut didukung dan dipertahankan,” ujar dia.

Octo menambahkan Forum Pemred DIY juga punya komitmen untuk turut menjaga situasi DIY tetap aman dan damai. DIY yang merupakan salah satu barometer politik nasional harus bisa menjaga kondisi tetap aman dan kondusif. “Warga DIY harus tetap menjunjung tinggi tolerensi, menghargai perbedaan dan senantiasa menjaga kerukunan. Saya kira ini modal penting untuk menjaga persatuan,” ucap Octo.

Anggota Forum Pemred lainnya, Anton W Prihartono mengatakan pers memiliki peran yang vital dalam menegakkan nilai-nilai demokrasi dan terwujudnya supremasi hukum. “Kami akan mengawal kasus ini [pelaku dan dalang kerusuhan Mei] agar diusut sampai tuntas,” ucap Anton.