Advertisement

150.000 Kendaraan Diprediksi Lewat Tol Trans Jawa, Menhub Minta Pemudik Jangan Takut Macet

Newswire
Minggu, 26 Mei 2019 - 16:47 WIB
Sunartono
150.000 Kendaraan Diprediksi Lewat Tol Trans Jawa, Menhub Minta Pemudik Jangan Takut Macet Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (kiri) berbincang dengan petugas kepolisian saat meninjau pintu keluar Brebes Barat, Jawa Tengah, Minggu (19/5/2019). - Ist/Antara.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Menteri Perhubungan Budi memprediksi sekitar 150 ribu kendaraan akan melewati Tol Trans Jawa perhari saat mudik lebaran 2019. Menurutnya peningkatan volume kendaraan didominasi ke daerah Jawa Tengah.

Hal tersebut diungkapkan saat meninjau kesiapan Stasiun Gambir, Jakarta Pusat saat mudik lebaran 2019. Dengan peningkatan jumlah kendaraan di Tol Trans Jawa pihaknya akan ada mengantisipasi di gerbang Tol Cikarang Utama.

Advertisement

"Kita perkirakan yang menuju Jawa Tengah 150 ribu. Nah karena lonjakan demikian jangan takut terjadi kemacetan di Cikarut karena akan dibagi dua gerbangnya ke arah Semarang dan arah Bandung," ujar Menhub Budi Karya di Stasiun Gambir, Minggu (26/5/2019).

Untuk mengantisipasi kemacetan yang diruas pintu tol pihaknya akan menambah menjadi 60 gerbang. Langkah tersebut dinilai bisa mengurai kemacetan yang terjadi di gerbang tol saat mudik lebaran.

"Gerbang berjumlah 31, akan menjadi dua kali lipat sekitar 60. Insya allah kemacetan di Cikarang akan berkurang dengan baik," tambahnya.

Selain itu, untuk mengantisipasi mudik lebaran 2019, Menhub Budi Karya Sumadi sudah meninjau kesiapan sejumlah titik di ruas tol Jakarta - Cikampek hingga Brebes.

Selain ingin melihat kesiapan jalan tol, Menhub juga ingin memastikan penerapan jalur satu arah (One Way) pada saat arus mudik maupun arus balik nantinya berjalan lancar dan aman.

"Top isu sekarang adalah penerapan One Way dari Cikarang Utama sampai Brebes. Oleh karenanya saya ajak Dirjen Perhubungan Darat, Dirut Jasamarga, dan Korlantas hari ini untuk memastikan kesiapannya seperti apa," kata Budi Karya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Rabu 24 April 2024: Hujan Sedang

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement