Aksi 22 Mei: AMSI Imbau Masyarakat Baca Berita dari Sumber Terpercaya

Demonstran menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Bawaslu, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Unjuk rasa dilakukan pascpengumuman penetapan hasil rekapitulasi nasional Pemilu 2019 - Antara/Indrianto Eko Suwarso
22 Mei 2019 17:22 WIB Budi Cahyana News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) mengimbau masyarakat agar membaca berita dari sumber yang dipercaya. Anjuran ini dikeluarkan menanggapi merebaknya informasi, termasuk hoaks, sesudah pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024.

“Ketika ragu apakah sebuah berita benar atau tidak, hoaks atau bukan, kembalilah kepada sumber berita yang bisa dipercaya yaitu media massa,” ujar Ketua Umum AMSI, Wens Manggut, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/5).

Wens menegaskan media massa, termasuk yang bergabung dalam AMSI, tidak saja memiliki wartawan yang profesional dalam menulis berita, tapi juga memiliki standar dan prosedur baku dalam menelusuri kebenaran sebuah informasi sebelum dipublikasikan.

AMSI juga mengimbau kepada media massa, agar disiplin dalam melakukan verifikasi sebelum memublikasi informasi yang beredar. “Jangan ikut menyebarkan informasi yang diragukan kebenarannya, hoaks, dan bersama publik ikut menjaga keadaban bersama.”

Beberapa hoaks yang berkaitan dengan aksi 22 Mei beredar, seperti Brimob dengan kewarganegaraan asing dan tembakan ke masjid. Kepolisian telah membantah hoaks yang telah luas menyebar di media sosial tersebut.