Advertisement

PDIP Berencana Gugat Penghitungan Pileg di Tujuh Dapil ke MK

Denis Riantiza Meilanova
Selasa, 21 Mei 2019 - 23:17 WIB
Budi Cahyana
PDIP Berencana Gugat Penghitungan Pileg di Tujuh Dapil ke MK Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. - JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmad Fauzan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--PDIP berencana mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap hasil penghitungan suara di sejumlah daerah pemilihan dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara dalam Pileg 2019, PDIP memperoleh suara sebanyak 27.053.961 suara atau 19,33 persen. Atas perolehan tersebut, PDIP akan mendapat jatah kursi di DPR RI sebanyak 129 kursi.

Advertisement

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengklaim PDIP berpotensi mendapatkan jatah kursi DPR RI lebih dari itu.

"Berdasarkan hasil quick count sebenarnya PDIP berpotensi mendapatkan 133 kursi. Jadi ada selisih empat kursi. Untuk itu kami bermaksud akan melakukan gugatan di MK," ujar Hasto dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Sejauh ini, kata Hasto, pihaknya sudah mengidentifikasi terdapat tujuh dapil yang akan diajukan proses gugatan di Mahkamah Konstitusi. Namun dia tidak menyebutkan ketujuh dapil tersebut dengan alasan sebagai strategi partai.

Hasto hanya menuturkan ketujuh dapil tersebut berada di Provinsi Jawa Barat, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Sulawesi Barat, dan Papua.

Tim hukum PDIP tengah mengumpulkan bukti-bukti di tujuh dapil tersebut dan akan segera mengajukannya ke Mahkamah Konstitusi.

Dalam Pileg 2019 PDIP berhasil memenangkan pemilu legislatif tingkat nasional di 19 provinsi, sementara di tingkat DPRD provinsi, PDIP menang di 17 provinsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement