Advertisement

Terbang Dini Hari, TNI Bangunkan Warga Untuk Sahur?

Ginanjar Saputra
Selasa, 21 Mei 2019 - 12:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Terbang Dini Hari, TNI Bangunkan Warga Untuk Sahur? F/16 Fighting Falcon yang melintas di langit Solo pada waktu sahur belakangan hari ini. (Instagram/arbi_jat4)

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO-- Anggota TNI-AU sempat diduga sengaja membangunkan orang untuk sahur menggunakan pesawat terbang. Sebab, belakangan ini, warga Kota Solo dan sekitarnya digegerkan dengan adanya pesawat TNI-AU yang kerap terbang saat dini hari.

Video pesawat tempur TNI-AU yang melintas dini hari itu terekam kamera dan videonya menjadi viral setelah diunggah di berbagai akun media sosial, salah satunya di akun Instagram @agendasolo, Selasa (21/5/2019). "Tangi2 saur. Mas pilot e wis ngoprak-oprak. Ojo njondil ya gesss [Bangun sahur. Mas pilot sudah membangunkan. Jangan kaget]," tulis si pengunggah video.

Advertisement

Berdasarkan video yang diunggah, terdengar gemuruh pesawat yang seakan-akan terbang rendah. Warganet pun sempat menduga pilot itu memang sengaja membangunkan warga untuk sahur dengan suara gemuruh pesawat.

Namun dugaan itu ternyata salah. Aksi pilot pada video viral itu ternyata tak bertujuan membangunkan orang untuk sahur.

Arbi Kurnia Pratama, salah satu anggota Solo Aviation Spotters, komunitas penggiat pesawat terbang di Solo, menjelaskan pilot yang terbang dini hari di langit Solo dan sekitarnya memang sedang berlatih.

"Tepat pukul 03.00 WIB pagi tadi [Selasa], para penerbang tempur TNI AU melaksanakan terbang subuh. Hal itu dilakukan guna melatih kesiapan penerbang maupun ground crew dalam melaksanakan tugas. Penerbangan dilakukan di wilayah Lanud Adi Soemarmo dan Lanud Adisutjipto," terang Arbi melalui akun Instagramnya, @arbi_jat4.

Ia menjelaskan ada beberapa pesawat yang digunakan pada latihan tersebut. Beberapa pesawat itu adalah pesawat tempur taktis T-50i Golden Eagle dan pesawat tempur sergap F-16 Fighting Falcon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement