Jokowi Serius Ingin Pindahkan Ibu Kota

Presiden Joko Widodo di Banten. - Okezone
06 Mei 2019 18:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keseriusannya terkait dengan pemindahan Ibu Kota kepada para petinggi lembaga negara saat menggelar buka puasa bersama di Istana Negara.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menerangkan bahwa pemerintah serius untuk melakukan pemindahan Ibu Kota ke luar Jawa dengan memerintahkan Bappenas melakukan kajian selama tiga tahun belakangan.

"Pada kesempatan yang baik ini mumpung ketemu dengan ketua dan kepala lembaga negara saya ingin menyampaikan hal yang berkaitan dengan pemindahan Ibu Kota," kata Jokowi di lokasi, Senin (6/5/2019).

Jokowi tela memerintahkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro melakukan kajian bagaimana dampak ekonomi, politik, hingga lingkungan terkait rencana pemindahan ibu kota itu.

"Kita tahu Pulau Jawa sudah dihuni 57 persen. Padahal Sumatera 21 persen dan Kalimantan 6 persen. Sulawesi 7 persen, Papua Maluku 2 sampai 3 persen," ujarnya.

Kepala Negara ingin berkonsultasi dengan pimpinan DPR guna menindaklanjuti hasil kajian pemerintah terkait sisi hukum, maupun politiknya.

"Karena dari sisi lingkungan terutama yang berkaitan dengan kebencanaan memang Jakarta kita tahu berada dalam ring of fire, dan juga banjir. Kita sudah berusaha penuh menyelesaikan hal ini," ujarnya.

Jokowi ingin Ibu Kota yang baru memastikan ketersediaan air bersih. Dengan berbagai pertimbangan demikian, pemerintah akan segera memutuskan rencana pemindahan Ibu Kota itu.

"Dan pemindahan Ibu Kota akan segera kita putuskan dan akan kami konsultasikan masalah mengenai dengan ini," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sumber : Okezone.com