Kabar PAN Merapat ke Jokowi, Amien Rais : Saya Jamin Omong Kosong

Amien Rais. - Antara/Sigid Kurniawan
04 Mei 2019 18:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Kabar PAN merapat ke kubu Jokowi dibantah keras oleh politikus senior Amien Rais.

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menegaskan, partai yang diketuai Zulkifli Hasan tidak mungkin bergabung dengan partai Koalisi Indonesia Kerja yang mengusung Joko Widodo sebagai capres petahana. Amien menyebut isu keluarnya PAN dari Koalisi Indonesia Adil Makmur Prabowo - Sandiaga merupakan omong kosong belaka.

"Itu (isu PAN keluar koalisi) omong kosong, sama sekali tidak ada. Saya jamin omong kosong, tidak mungkin," ujar Amien di Seknas Prabowo-Sandi, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (4/5/2019).

Meski demikian, Amien Rais tidak menjelaskan lebih jauh mengenai ketidakmungkinan partai lambang matahari putih itu pindah koalisi.

Peryataan Amien Rais tentunya berbeda dengan Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan.

Bara sebelumnya menuturkan pihaknya akan meninjau ulang soal posisi PAN sebagai salah satu partai pendukung Capres - Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Hal itu diungkapkan usai Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Bara merespon soal pertemuan Zulkifli dan Jokowi tersebut sebagai sinyal merapatnya PAN ke koalisi Jokowi. Meskipun tidak menjawab secara gamblang, Bara menyampaikan bahwa saat ini PAN sedang melihat ulang soal posisinya sebagai oposisi.

"Yang jelas kita kan akan melihat posisi kita lagi ya. Kan pemilihan presiden sudah selesai, ya jadi kita lihat nanti ke depannya gimana," kata Bara di Kompleks Parlemen, Kamis (25/4/2019).

Sumber : Suara.com