MUI Minta Semua Pihak Sabar Menunggu Hasil Pemilu

Ilustrasi. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
24 April 2019 14:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta semua pihak untuk sabar menunggu Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) maupun Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

"KPU sedang berjuang dan bekerja untuk menyelesaikan rekap suara masyarakat, dari TPS, KPPS hingga PPK dan itu perlu waktu. Jadi semua pihak harus sabar," ujar Wakil Komisi Hukum Perundang-undangan MUI, Ikhsan Abdullah dikutip Okezone, Rabu (24/4/2019).

Karena itu, Ikhsan mengimbau kontestan pemilu untuk selalu tertib dan menyerahkan semua penghitungan kepada KPU. Kata Ikhsan, jika ada pihak yang tak puas dengan hasil rekapitulasi dari KPU, sebaiknya menempuh jalur yang sudah disediakan yakni Mahkamah Konstitusi (MK).

"Jika ada yang kurang dari KPU tentu kita ada mekanisme, ada saluran hukum bisa melalui MK atau pelakunya bisa dilaporkan ke pihak berwajib," ujarnya.

Ia melanjutkan, tak boleh ada pihak yang main hakim sendiri atau melalui pengerahan massa tanpa harus melalui saluran hukum yang sudah disediakan. "Jadi, jangan main hakim sendiri atau bahkan mengerahkan massa," katanya.

Ia mengatakan, sebagai anak bangsa, seharusnya bangga kepada perhelatan Pemilu Serentak 2019 ini. Apalagi, kata dia, Pemilu 2019 berjalan dengan tertib dan aman, tanpa adanya sebuah hal yang tak diinginkan.

"Bangsa Indonesia sudah melampaui perhelatan pesta demokrasi terbesar di dunia bahkan dengan damai. Ini suatu prestasi yang luar biasa hingga kita dipandang di mata internasional," katanya.

Sumber : Suara.com