Advertisement

Ini Cara Cepat Pantau Hasil Real Count Pemilu Lewat Smartphone

Newswire
Senin, 22 April 2019 - 18:47 WIB
Bhekti Suryani
Ini Cara Cepat Pantau Hasil Real Count Pemilu Lewat Smartphone Ilustrasi - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG- Lembaga Riset Keamanan Siber dan Komunikasi CISSReC memberi tips cara cepat memantau proses real count melalui smartphone di tengah KPU masih menghimpun data penghitungan sementara berbasis formulir C-1 dari TPS atau melakukan hitungan nyata.

"Masyarakat yang ingin mengetahui hasil sementara real count (hitungan nyata) Komisi Pemilihan Umum (KPU) bisa langsung membuka laman resmi yang telah disediakan," kata Ketua Lembaga Riset Keamanan Siber dan Komunikasi (Communication and Information System Security Research Center/CISSReC) Dr. Pratama Persadha kepada Antarai Semarang, Senin (22/4/2019).

Advertisement

Melalui laman tersebut, lanjut dia, selain dapat mengetahui rekapitulasi sementara secara nasional, masyarakat juga bisa langsung memantau perolehan suara masing-masing pasangan calon presiden/wakil presiden berbasis TPS. Hal ini untuk memastikan dan meyakinkan kepada masyarakat bahwa data secara manual tidak berbeda dengan data di server KPU.

Ia mengatakan bahwa scan (pindai) formulir C-1 yang diunggah (upload) melalui laman KPU menunjukkan bahwa lembaga penyelenggara pemilu tersebut terbuka dan transparan. Hal ini bisa dikoreksi apabila terjadi kesalahan.

"Seperti halnya ada kesalahan entri data yang terjadi beberapa waktu lalu, bisa langsung dikoreksi dan diperbaiki," kata Pratama yang pernah sebagai Ketua Tim Lembaga Sandi Negara (sekarang BSSN) Pengamanan Teknologi Informasi (TI) KPU pada Pemilu 2014.

Untuk itu, menurut dia, dibutuhkan peran aktif masyarakat untuk memantau dan mengawasi proses keberjalanan pemilu agar berlangsung jujur dan adil. Cara paling sederhana adalah mencocokkan data perolehan suara laman KPU dengan data C-1.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui suara real count secara cepat dari waktu ke waktu, ada cara mudah untuk memantaunya. Untuk mengaksesnya, masyarakat tinggal klik dari home screen gawai pintarnya masing-masing.

Ia lantas memaparkan langkah-langkah sebagai berikut.

Pertama, buka laman https://pemilu2019.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara/

Kedua, pastikan laman sudah terbuka secara sempurna

Ketiga, bagi pengguna Android, buka menu overflow dan pilih "Add to Home Screen", kemudian pilih "Add" untuk menambahkannya ke Home Screen Android.

Keempat, bagi pengguna iPhone, klik tombol "Share" berbentuk kotak dengan panah atas. Tombol ini berada di bagian bawah layar. Setelah itu, pilih "Add to Home Screen". Maka, pintasan ke situs akan ditampilkan di Home Screen.

Kelima, jika ingin mengecek, klik shortcut yang ada di home screen seperti menjalankan aplikasi biasa.

"Perlu diketahui data sementara di laman real count KPU, hingga Senin (22/4/2019) pukul 14.45 WIB sudah terhimpun suara dari 129.188 TPS dari 813.350 TPS atau 15,88 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

KPU Kota Jogja Mulai Sosialisasikan Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota Perseorangan

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement