Advertisement

Gunung Agung Muntahkan Kolom Abu 3.000 Meter

Ema Sukarelawanto
Minggu, 21 April 2019 - 20:07 WIB
Budi Cahyana
Gunung Agung Muntahkan Kolom Abu 3.000 Meter Panorama Gunung Agung terlihat jelas dari Pantai Batulayar, Senggigi, Lombok Barat, NTB, Sabtu (9/3/2019). - Antara/Ahmad Subaidi

Advertisement

Harianjogja.com, DENPASAR — Gunung Agung kembali erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 18.56 Wita. Gunung di Pulau Bali itu memuntahkan kolom abu setinggi  3.000 meter di atas pucak atau 6.142 m di atas permukaan laut.

Data Pos Pengamatan Gunungapi Agung, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebut kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong menuju ke arah barat.

Advertisement

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi ± 1 menit 22 detik dengan lontaran batu pijar sekitar 2.500-3.000 meter ke segala arah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali I Made Rentin mengatakan peristiwa ini lebih besar dari pada erupsi pada Minggu dinihari pukul 03.21 Wita.

“Masyarakat di sekitar gunung berhamburan untuk mengantisipasi segala kemungkinan,” katanya, ketika dihubungi Minggu (21/4/2019) malam.

Menurut Rentin sekitar satu jam setelah erupsi warga di 28 desa lingkar Gunung Agung telah berangsur kembali ke rumah masing-masing.

Kendati demikian ia mengimbau masyarakat tetap waspada dan dianjurkan untuk mengenakan masker untuk mengantisipasi paparan abu.

Ia menjelaskan saat ini Gunung Agung berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi masyarakat ttidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya dalam radius 4 km dari kawah.

Sementara itu, paparan abu Gunung Agung setelah erupsi pada Minggu dini hari selain dirasakan di wilayah sekitar Gunung Agung, juga sampai di Kabupaten Klungkung, Bangli, Badung, dan Kota Denpasar.

Rentin mengimbau masyarakat agar memakai masker jika sedang beraktivitas di luar rumah untuk mengurangi dampak sebaran abu vulkanik terhadap kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement