Advertisement

Setahun Setelah Kematiannya, Aretha Franklin Jadi Wanita Pertama Peraih Pulitzer

Chelin Indra Sushmita
Sabtu, 20 April 2019 - 11:47 WIB
Budi Cahyana
Setahun Setelah Kematiannya, Aretha Franklin Jadi Wanita Pertama Peraih Pulitzer Aretha Franklin - Rolling Stones

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Mendiang penyanyi Amerika Serikat, Aretha Franklin, dianugerahi penghargaan Pulitzer. Penghargaan itu diberikan setelah hampir setahun kematiannya pada 16 Agustus 2018 akibat kanker pankreas.

Dikutip dari CNN, Jumat (19/4/2019), Aretha Franklin meraih Pulitzer Prize berkat kontribusinya yang luar biasa di Amerika Serikat. Dia menjadi wanita pertama yang meraih penghargaan Pulitzer Prize Special Citation sejak 1930.

Advertisement

Penghargaan ini diberikan kepada Aretha Franklin atas kontribusinya yang tak terlupakan di dunia musik dan budaya Amerika Serikat lebih dari lima dekade,” demikian pernyataan dari Dewan Penghargaan Pulitzer.

Pulitzer Prize merupakan penghargaan tertinggi di bidang jurnalisme cetak di Amerika Serikat. Penghargaan itu juga diberikan untuk pencapaian di bidang sastra dan musik. Penerima penghargaan ini dipilih oleh badan independen secara resmi yang bermarkas di Amerika Serikat.

Aretha Franklin menjadi wanita yang pertama dilantik ke Rock and Roll Hall of Fame pada 1987. Selama berkarier di industri musik, dia telah mengantongi berbagai penghargaan. Sekitar 73 lagunya berhasil menduduki Billboard Top 100.

Penyanyi yang tumbuh di Detroit, Michigan, Amerika Serikat, itu memiliki puluhan lagu hits. Sebanyak 20 lagunya menduduki peringkat pertama tangga lagu R&B. Dia dukses menjual jutaan album dan memboyong berbagai penghargaan, termasuk Grammy Awards ke-18.

Aretha Franklin juga memenangkan National Medal of Arts dan Presidential Medal of Freedom yang merupakan kehormatan sipil tertinggi. Rolling Stones sempat menempatkannya sebagai salah satu dari 100 penyanyi terbaik. Bahkan, dia dinobatkan sebagai 20 penghibur paling berpengaruh di abad ke-20 oleh majalah Time.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ratusan Juta Rupiah Dicairkan BPJS Ketenagakerjaan buat Pekerja di Kulonprogo

Kulonprogo
| Rabu, 01 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement