Advertisement

Sejumlah Kepala Daerah Jawa Tengah Selatan Usulkan Tol Solo-Cilacap Via Jogja

Alif Nazzala Rizqi
Jum'at, 19 April 2019 - 19:17 WIB
Budi Cahyana
Sejumlah Kepala Daerah Jawa Tengah Selatan Usulkan Tol Solo-Cilacap Via Jogja Ilustrasi jalan tol. - JIBI/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG — Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono menyatakan sejumlah kepala daerah di provinsi tersebut mengajukan usulan mengenai pembangunan jalan tol Solo-Cilacap via Jogja.

"Memang ada surat dari bupati/wali kota, jadi kami akan antarkan, akan dorong, mengajukan melalui gubernur ke pusat. Kalau Solo-Cilacap itu bisa, maka itu bisa membedah pemerataan wilayah di Selatan Pulau Jawa," katanya, Jumat (19/4/2019).

Advertisement

Sekda menjelaskan kepala daerah yang memberi usulan ke Pemprov Jawa Tengah adalah kepala daerah yang dilewati infrastruktur ini.

"Jadi  ada Cilacap, Kebumen, Purworejo, kemudian masuk juga wilayah selatan, Wonogiri, selatan kena semua," jelasnya.

Menurutnya, rata-rata daerah memang menghendaki adanya tol di bagian selatan ini. Pasalnya, adanya jalan tol bisa menggerakkan perekonomian masyarakat.

Kendati demikian, dia memastikan mengenai soal pembangunan tol bagian selatan ini masih dalam tahap kesepakatan awal. Soal penentuan trase, penetapan lokasi, pembebasan lahan, menunggu suara dari pusat. 

"Ya ini kan baru tahap kesepakatan awal, untuk trade penlok dan pembebasan lahan tunggu keputusan pemerintah pusat, ya mudah-mudahan disetujui," tuturnya. 

Seperti diketahui, pemerintah sudah berhasil menggabungkan tol trans Jawa di bagian utara. Untuk itu, pembangunan jalan tol Solo - Cilacap dirasa sangat penting untuk konektivitas antar daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kronologi Bocah Hanyut Saat Bermain di Tepian Sungai Oyo

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement